News  

Amalan Selama Puasa dan Sangat Dianjurkan Rasululloh

ilustrasi

CILACAP – Selama menjalankan ibadah puasa di bulan ramadan, ada amalan tertentu agar menambah pahala puasa. Dari beberapa amalan ini, Rasululloh sangat menganjurkannya agar umat islam bisa menjalankan amalan selama puasa.

Bulan suci ramadan menjadi bulan penuh berkah, pahala dan menjadi momen yang hanya ada sekali dalam setahun. Hingga sangat wajar jika kaum muslimin selalu merindukan dan menantikan datangnya bulan suci ramadan. Selama bulan ini, mereka menjalankan ibadah puasa.

Juga ada banyak ibadah lainnya seperti sholat tarawih dan witir. Atau i’tikat dengan tinggal di masjid saat 10 hari terakhir di bulan ramadan.

Dan selama menjalani puasa, ada amalan tertentu yang Rasulloh sendiri sangat menganjurkannya. Situs umsu.ac.id menuliskan, amalan-amalan tersebut dan memberikan penjelasan singat.

Pertama yakni tidak melewatkan sahur. Rasululloh sangat menganjurkannya karena mampu memberikan energi hingga umat muslim bisa kuat menjalani ibadah seharian penuh.

Amalan kedua adalah mengakhirkan sahur atau sahur di last minute. Usahakan melakukan sahur sedekat mungkin dengan datangnya fajar.

Ketiga adalah mengurangi tidur dan perbanyak istighfar. Rasulullah SAW menyarankan agar cukup tidur untuk memulihkan tenaga dan tidak berlebihan. Lalu perbanyak istigfar kepada Allah di banyak kesempatan.

Keempat yakni perbanyak sedekah. Sedekah menjadi salah satu bentuk ibadah favorit Rasululloh karena bisa memberikan pertolongan kepada orang lain.

Kelima yakni menjaga lisan dengan tidak berbohong dan menjauhi perkataan buruk atau menyakiti orang lain. Rasululloh sangat menyarankan agar umat islam bisa selalu menjaga lisan masing-masing.

Keenam adalah berbuka dengan kurma. Ini merupakan Sunnah Nabi Muhammad SAW dan merupakan kebiasaan baik.

Terakhir adalah memperbanyak doa. Doa menjadi sarana komunikasi antara umat dengan Alloh Sang Maha Pencipta. Rasululloh selalu menganjurkan doa dan hanya ditujukan kepada Alloh SWT semata.

Dari sejumlah amalan selama puasa tersebut, sudah ada contoh langsung dari Rasululloh SAW. Umat islam tinggal menjalankannya dan berharap keberkahan dari Alloh SWT. (*)