Mengatasi Rem Macet Mendadak

  • Bagikan
Pengecekan rem rutin bisa menghindari macet mendadak saat berkendara. (doc)

JAKARTA – Banyak cara untuk mengatasi saat rem macet. Cara ini sangat ampuh ketika tengah berkendara dan lalu lintas padat. Apa saja caranya?

Tiap pengendara kendaraan roda 4 pasti tak pernah ingin mengalami masalah. Apalagi melaju saat arus padat, macet dan harus berpacu dengan waktu. Rem macet ini bisa menjadi masalah. Jika tidak bisa mengatasi, yang terjadi bisa sangat fatal karena kanan kiri penuh kendaraan.

Menurut Asst to Service Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Hariadi, 7 cara mengatasi rem macet alias gagal berfungsi normal. Berikut caranya.

  1. Terus Memompa Rem

Terus memompa rem bertujuan mengembalikan tekanan seperti sebelumnya. Jika saat memompa rem terasa berat atau kasar, kemungkinan besar ada sesuatu di bagian sistem rem.

  1. Gunakan Rem Tangan

Tarik rem tangan secara hati-hati dan rasakan gigitannya di bagian kaliper roda. Jika rem terasa sudah menggigit maka jangan lepaskan dan biarkan sampai laju mobil semakin melambat.

  1. Tekan Tombol Lampu Hazard dan Klakson

Langkah ini untuk memberi sinyal pada pengendara lain agar tahu bahwa rem mobil sedang bermasalah.

  1. Jangan Langsung Mematikan Mesin

Mematikan mesin secara tiba-tiba membawa bahaya karena dapat menyulitkan untuk mengatur dan mengendalikan arah mobil. Saat mobil mati secara otomatis pompa power steering akan mati sehingga setir kian berat.

  1. Jangan Menginjak Pedal Gas

Hindari menginjak pedal gas karena membuat mobil tambah kencang.

  1. Menabrak Benda yang Lunak

Langkah ini dapat dilakukan apabila cara-cara yang sebelumnya gagal. Menabrakkan mobil ke sesuatu yang lunak seperti gundukan tanah, tumpukan ban atau pasir untuk mengurangi lajunya kendaraan.

  1. Arahkan ke jalur Evakuasi

Jalur evakuasi biasanya ada di sisi kiri jalan tol terutama untuk jalan tol yang menurun.

Kerusakan pada rem ini biasanya terjadi karena kebiasaan yang salah dalam pengereman. Seperti mengerem keras saat hujan deras atau mengerem penuh di jalan menurun. Saat jalan menurun sebaiknya menggunakan engine brake untuk membantu pengereman.

“Hindari kerusakan pada rem mobil dengan pengecekan rutin di seluruh bengkel resmi Suzuki,” tegasnya. (*)

  • Bagikan