Gabut di Rumah? Lakukan Ini Agar Mobil Kinclong

  • Bagikan
Merawat mobil tidak harus di bengkel. Bisa di rumah sekaligus mengisi waktu selama pandemi. (doc)

JAKARTA – Gabut karena banyak pelarangan hingga tidak bisa kemana-mana? Tidak perlu khawatir. Masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan meski tetap di rumah. Apalagi jika punya kendaraan roda 4. Mobil seperti ini harus diberi perhatian agar bisa dipakai jika ada urusan mendesak.

Atau saat harus keluar rumah untuk mencari kebutuhan sehari-hari. Misalnya pergi ke pasar atau pusat perbelanjaan.

Menurut Hariadi, Asst to 4W, 2W & Marine Service Dept Head PT SIS, ada beberapa hal penting yang sederhana yang dapat dilakukan ketika merawat mobil tanpa perlu dibawa ke bengkel.

  1. Rutin bersihkan mobil

Membersihkan eksterior dan interior mobil sangat penting untuk menjaga penampilan dan kenyaman. Dimulai dengan mencuci mobil tiap 2 minggu sekali, mengeluarkan barang bekas dan sisa sampah.

Saat mencuci mobil, gunakanlah sabun cuci khusus mobil dan pakai lap halus agar tidak merusak cat. Saat mencuci ini harus hindari mencuci mobil di bawah terik sinar matahari karena dapat merusak cat.

  1. Rutin memanaskan mesin

Memanaskan mesin mobil penting agar oli dapat bersikulasi dengan baik. Namun, karena mobil saat ini sudah dilengkapi dengan ECU yang dapat mengoptimalisasi kerja mesin, mobil tidak perlu dipanaskan setiap hari. Hanya perlu dipanaskan minimal dua hari sekali selama 5-10 menit.

  1. Pengecekan komponen

Saat memanaskan mobil dengan menghidupkan mesin, jangan lupa juga untuk memperhatikan apakah terdapat indikator komponen bermasalah yang menyala di Multi-Information Display (MID). Selain itu, lakukan pemeriksaan komponen lain secara manual seperti air radiator, volume air wiper pada tangki cadangan, volume minyak rem, kondisi ban, lampu kendaraan, dan kelengkapan surat-surat kendaraan.

  1. Bawa mobil berkendara

Membiarkan mobil selama berhari-hari tanpa dibawa keluar, juga kurang bagus. Cukup dengan berkendara selama 10 menit tiap dua ata tiga hari sekali. Dengan cara ini mobil dapat melakukan pengisian aki dengan lebih maksimal. Aki yang terawat punya daya simpan listrik lebih baik dan dapat menghindari soak. Hal ini sekaligus menghindari program ECU karena aki soak.

Juga bisa menghindarkan bagian kontrol sistem elektronik tidak terkunci yang dapat menyebabkan mobil sulit distarter.

Selain itu, sesekali membawa mobil berkendara juga dapat menghindari terbentuknya flat spot atau deformasi ban karena beban kendaraan terlalu lama bertumpu pada satu titik ban saat parkir.

“Kami harap pemilik mobil tetap dapat melakukan kegiatan yang dapat mengisi waktu senggang. Termasuk merawat mobil sendiri. Perawatan bertujuan untuk menjaga mobil dalam kondisi prima. Jadi saat beraktivitas kembali, kita tidak perlu khawatir ada masalah dalam perjalanan,” tutup Hariadi. (*)

  • Bagikan