Hari Pertama Masuk Sekolah Hanya Kenalkan Lingkungan

ilustrasi

CILACAP – Hari pertama masuk sekolah untuk semua tingkatan, hanya sebatas untuk kenalkan lingkungan. Sementara agenda lain, tidak masuk dalam program selama 3 hari mulai Senin (11/7/2022) sampai Rabu (13/7/2022).

Hari awal masuk menjadi program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Bagi siswa SMP atau sederajat, masa 3 hari ini siswa akan mendapatkan pendampingan. Mereka akan diperkenalkan dengan kurikulum yang mulai berbeda.

Selain itu, juga ada pengenalan tentang kegiatan ekstra kurikuler, pembelajaran tambahan berupa penguatan karakter anak.

Ketua Komda SMP Majenang, Cilacap, Suwarno mengatakan, MPLS menjadi ajang pengenalan lingkungan sekolah saat hari pertama masuk.

“Siswa baru akan kita kenalkan dengan kurikulum, lingkungan sekolah dan juga pembentukan karakter anak dengan pembiasaan,” kata dia.

Dia mencontohkan, siswa baru di hari pertama masuk akan mengikuti sejumlah acara. Seperti pengenalan kelas, laboratorium, perpustakaan dan lainnya. Selain itu juga ada pengenalan tentang metode pembelajaran yang sangat berbeda ketika siswa masih di SD.

“Belajar di SMP dengan SD kan beda. Guru juga beda,” katanya.

Dia mengatakan, MPLS tahun ini jelas sangat berbeda dengan 2 tahun sebelumnya. Mulai tahun ajaran 2022-2023, MPLS dengan pola tatap muka. Sementara sebelumnya menggunakan sistim online, yakni siswa mengikuti melalui telepon genggam.

“Sekarang pakai tatap muka. Dulu tetap ada (MPLS), tapi online,” kata dia.

Dia memastikan, selama mengikuti MPLS ini siswa baru akan ada pendampingan dari kakak kelas. Para pendamping ini sudah mendapatkan pelatihan selama 1 pekan agar lebih bisa memberikan arahan kepada siswa baru. (*)