Mesin Donasi Suzuki Diuji Coba

Strategic Planning Department Head, Joshi Prasetya memberikan penjelasan tentang mesin industri. Suzuki mendonasikan mesin industri untuk sejumlah SMK di sejumlah kota. (doc)

JAKARTA – Mesin dari donasi Suzuki diujicoba langsung di sekolah kejuruan yang menerimanya. Donasi mesin dari Suzuki ini jenis CNC (Computer Numerical Control) dan sudah terdistribusikan ke sejumlah SMK di sejumlah kota.

Salah satu sekolah penerima yakni SMK Yosonegoro di Kabupaten Magetan. Program merupakan peran aktif Suzuki dalam mendukung kemajuan dunia pendidikan di Indonesia, khususnya vokasi. SMK Yosonegoro, Magetan, sebelumnya telah menerima donasi unit mesin industri dari Suzuki melalui SIM Suplier Club (SSC).

Strategic Planning Department Head, Joshi Prasetya, mengatakan kegiatan ini merupakan komitmen dan partisipasi Suzuki atas pembangunan di berbagai daerah di Indonesia.

“Sebagai perusahaan global, Suzuki memiliki tanggung jawab untuk berpartisipasi secara aktif dalam upaya pembangunan di Indonesia. Terutama di daerah-daerah,” kata Joshi.

Dia menambahkan, melalui program donasi ini, Suzuki ingin mendukung peningkatan pembelajaran di sekolah. Selain itu juga untuk menambah wawasan para siswa sekaligus mempersiapkan mereka untuk masuk dunia industri.

“Plus memfasilitasi pengalaman kerja dalam pengoperasian unit mesin industri otomotif,” kata dia.

Pada 7 Desember 2021 lalu, SMK Yosonegoro Magetan telah menerima donasi berupa 2 unit CNC yang dari Suzuki dan dilanjutkan dengan 2 unit mesin robot dari SSC serta bantuan lainnya. Suzuki berharap sekolah penerima bantuan dapat menjadi pusat pelatihan keterampilan untuk siswa dari sekolah lain di Kabupaten Magetan, Madiun, dan sekitarnya.

Agenda penyerahan donasi itu mengadirkan perwakilan Suzuki dan SSC. Ada juga Bupati Magetan, Dr Drs Suprawoto, SH MSi. Sejumlah perwakilan SMK yang tengah melakukan persiapan operasional mesin dari Suzuki Indonesia juga nampak dalam kegiatan tersebut. Seperti SMK PGRI 3 Malang, SMK Muhammadiyah Sumpiuh (Banyumas) dan lainnya. (*)