Parkir Paralel. Ini yang Harus Diperhatikan

ilustrasi

CILACAP – Parkir kendaraan secara paralel harus memperhatikan beberapa hal. Mulai dari jenis mobil, tempat yang tersedia hingga posisi kendaraan lainnya.

Parkir mobil secara paralel bisa menjadi tantangan tersendiri bagi pengemudi yang akan melakukan parkir. Keterbatasan lahan parkir sering membuat beberapa wilayah mengharuskan pengendara untuk memarkirkan mobil

Parkir model ini tentu akan mudah bagi yang sudah paham teori dan sering mempraktekannya. Apalagi saat lokasi masih terbilang kosong dari deretan kendaraan.

Namun jika menemukan lokasi kosong diantara 2 kendaraan, tentu muncul kesulitan. Bagi mereka yang sudah lihai berkendaraa, tentu bisa melakukannya. Hanya saja, perlu tetap memperhatikan prinsip tertentu agar parkir paralel kendaraan dengan selamat.

Yang pertama harus diperhatikan adalah menyalakan lampu sein agar pengendara lain paham. Dengan demikian, pengendara lain bisa memberikan waktu dan ruang sampai proses ini selesai.

Berikutnya adalah masuk parkir dengan mundur terlebih dahulu. Parkir paralel akan menjadi lebih mudah mobil memasukan bagian buritan terlebih dahulu. Jika masuk dengan bagian depan lebih dahulu, akan memakan waktu lebih lama.

Selanjutnya dengan memakai teknik angka 8. Ini bisa membantu pengendara memarkir mobil secara paralel dengan mudah. Caranya dengan mulai dari posisi awal sejajar dengan mobil di samping. Lalu putar kemudi ke arah kiri atau kanan dan berjalan mundur. Pastikan sudut belakang mobil mencapai sudut parkir. Baru kemudian putar balik kemudi ke arah berlawanan dan maju perlahan hingga mobil berada sejajar di tempat parkir paralel.

Terakhir adalah smooth saat menginjak rem dan gas. Karena parkir paralel pasti berada di tempat sempit dan terbatas hingga menginjak gas ataupun rem harus sehalus mungkin.

“Dan sebelum keluar mobil, pastikan AC, lampu kendaraan, hingga audio sudah mati. Jangan tinggalkan barang berharga di dalam mobil. Terakhir, pastikan ada barang mudah terbakar,” pesan Asst to Service Dept Head PT Suzuki Indomobil Sale, Hariadi. (*)