Periksa Motor Agar Tetap Ngacir

Perawatan rutin di bengkel resmi Suzuki agar motor tetap handal. Pemilik juga bisa memeriksa kondisi motor secara mandiri. (doc)

JAKARTA – Periksa motor secara rutin wajib hukumnya bagi rider agar kuda besi tungganggan ini bisa tetap ngacir. Termasuk bisa melibas berbagai kondisi yang sering berubah.

Motor menjadi andalan masyarakat untuk menunjang aktvitas karena efisien. Agar tetap bisa ngacir, periksa motor harus menjadi agenda rutin. Karenanya, pengendara harus tahu sistem di motor yang tidak boleh luput dari pemeriksaan.

Asst to Service Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales, Hariadi membeber, pengendara dapat memeriksa secara mandiri. Apa saja yang masuk daftar periksa agar motor tetap ngacir?

  1. Sistem Penerangan
    Pemeriksalah lampu depan, sein dan lampu rem. Bila ada yang tidak berfungsi, segera lakukan penggantin. Jangan lupakan klakson agar selalu berfungsi.
  2. Sistem Pengereman
    Rem sangat vital hingga harus selalu diperiksa. Cek bagian kanvas dan minyak rem serta kaliper. Apabila kanvas rem sudah tipis, segera ganti dengan yang baru.
  3. Sistem Kemudi
    Komponen ini membawa pengaruh kenyamanan saat berkendara. Pastikan komstir dalam kondisi baik karena menjadi penyemimbang stang sekaligus meminimalisir getaran.
  4. Oli Mesin
    Ganti oli mesin secara berkala untuk mesin tetap optimal dan awet. Perhatikan pula filter agar sirkulasi oli selalu lancar. Penggantian oli mesin tetap harus rutin meski motor jarang dipakai.
  5. Rantai dan Gear
    Rantai kendur dan gear sudah lancip menandakan komponen ini sudah aus. Segera ganti dengan yang baru.
  6. Kabel Gas dan Kopling
    Pemilik motor manual wajib memperhatikan kabel gas dan kopling. Saat kabel gas seret ketika ditarik, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Jika dibiarkan, kabel cepat putus karena gesekan.
  7. Kondisi Ban
    Pastikan tekanan ban sesuai kebutuhan harian. Jangan terlalu kempis karena akan membuat motor berat dan memaksa mesin bekerja ekstra. Hindari ban jika sudah gundul karena sangat berbahaya.

“Terpenting adalah membawa motor ke bengkel resmi secara rutin. Jika ada kerusakan, butuh penggantian suku cadang, akan lebih mudah karena ada tenaga ahli dan suku cadang asli. Bengkel resmi Suzuki tersebar di seluruh Indonesia,” tegasnya.