Puasa, Olah Raga Tetap Jalan

  • Bagikan
Olahraga bisa tetap dilakukan meski menjalani puasa sebulan penuh

PENULIS : HARYADI NURYADIN

JAKARTA – Menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh, sudah menjadi kewajiban umat muslim dimanapun. Namun puasa ini bukan berarti mengurangi aktifitas gerak tubuh pada siang hari. Justru dianjurkan aktifitas gerak tubuh tetap dilakukan meski harus tetap mempertimbangkan beberapa hal.

Dikutip dari Antaranews.com, pelatih fitnes Adianti Reksoprodjo dalam bincang live IG @hometownairy.id bertem Puasa Anti Lemas : Workout Saat Puasa, ada 5 hal yang harus diperhatikan agar bisa tetap berolahraga sekaligus menjalani ibadah puasa.

  1. Tetap olahraga meski puasa

Berhenti berolahraga selama sebulan penuh akan merusak proses latihan yang sudah dijalani selama 3 bulan.

  1. Waktu terbaik berolahraga

Waktu paling tepat berolahraga menurut Adianti adalah jelang berbuka puasa, usai shalat tarawih atau menjelang sahur. Jika memilih berolahraga menjelang buka puasa, maka durasinya disarankan antara 30 menit sampai 1 jam.

  1. Jenis olahraga

Pilihkan jenis olahraga yang sudah biasa dilakukan sebelumnya. Hanya saja intensitasnya dikurangi sampai 50 persen dari biasanya.

  1. Cukup tidur

Waktu istiharat yang dibutuhkan rata-rata orang adalah 7 sampai 8 jam. Jika kurang dari itu maka tubuh akan terpengaruh

  1. Perhatikan Nutrisi

Ini menjadi bagian penting dan tidak terpisahkan dari olahraga dan istirahat. Nutrisi akan membantu tubuh tetap bugar setelah berpuasa dan melakukan olahraga. Salah satu kebutuhan nutrisi ini bisa dipenuhi dari mengkonsumsi susu. (*)

Berita ini sudah muncul di Antaranews.com dengan judul Ingin Tetap Olahraga Saat Puasa? Begini Caranya.

  • Bagikan