SD IT Mutiara Umat Kurban Sapi dan Kambing

Warga bersama guru dan karyawan SD IT Mutiara Umat menyembelih sapi dan kambing. Hewan kurban ini berasal dari donasi wali murid SD IT Mutiara Umat. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – SD Islamik Terpadu (SD IT) Mutiara Umat, menyembelih 2 hewan kurban berupa sapi dan kambing. Proses penyembelihan baru dilakukan pada Senin (11/7/2022) dengan melibatkan guru, karyawan dan warga setempat.

Sekolah yang ada di Desa Sindangsari Kecamatan Majenang, Cilacap itu menyembelih 2 ekor kambing dan 1 sapi. Pelaksanaan penyembelihan melibatkan seluruh karyawan bersama warga di lingkungan sekolah itu.

Ketua Yayasan Mutiara Umat, Agus Prijanto mengatakan, seluruh hewan kurban ini berasal dari sumbangan para wali murid SD IT. Mereka dengan suka rela mengumpulkan dana hingga mampu membeli 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

“Ini semua dari wali murid,” kata Agus.

Dia menjelaskan, daging dari 2 kambing dan 1 sapi ini dibagikan kepada warga sekitar secara merata. Demikian juga dengan warga yang ikut terlibat dalam penyembelihan dan mengurus daging hewan kurban ini.

“Daging kita bagikan kepada warga sekitar sekolah,” kata dia.

Panitia sengaja memilih Senin (11/7/2022) untuk menyembelih seluruh hewan kurban tersebut. Ini dengan mempertimbangkan kesibukan guru, karyawan dan warga setempat pada Minggu (10/7/2022). Mereka sangat sibuk pada Hari Raya Idul Adha tersebut.

“Kalau Senin ini mereka bisa lebih punya waktu karena Minggu tentu sibuk di lingkungan masing-masing,” terang Agus.

Dia menegaskan, SD IT Mutiara Umat menekankan materi agama sebagai pondasi pembelajaran bagi siswa setempat. Tujuannya agar siswa memiliki bekal agama sebagai pondasi karakter yang baik.

“Pembelajaran agama melalui pembiasaan dan juga lewat materi di dalam kelas,” tegasnya. (*)