Siswa Lulusan 2022 Lebih Berkarakter

Siswa lulusan 2022 dinilai lebih berkarakter karena mengalami pembelajaran online. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Kepala sekolah mempercayai kalau siswa lulusan tahun 2022 ini lebih berkarakter. Karena mereka mengalami perubahan kebijakan pembelajaran dari online ke tatap muka.

Dalam pembelajaran tatap muka inilah, guru menanamkan karakter, budi pekerti, sikap baik melalui pembiasaan. Hal ini yang tidak bisa dilakukan guru saat pembelajaran secara online.

“Siswa lulusan tahun 2022 ini lebih berkarakter dari pada mereka yang lulus tahun lalu,” ujar Suwarano, Sabtu (28/5/2022).

Kepala SMP N 2 Majenang, Cilacap ini menjelaskan, siswa yang lulus tahun ini sempat merasakan pembelajaran tatap muka di awal semester. Tepatnya saat mereka duduk di bangku kelas 7.

Namun memasuki semester ke dua di tahun 2020, mereka harus belajar secara online. Baru kemudian siswa kembali belajar tatap muka mulai tahun ajaran 2021/2022.

Menurutnya, selama 2020 hingga akhir 2021 ini, guru merasakan betapa repotnya mereka dalam mendidik karakter anak. Ini karena siswa tidak terbiasa bertemu, berkomunikasi dengan guru.

“Guru sangat kerepotan,” katanya.

Menurutnya, karakter ini terbentuk melalui pembiasaan di sekolah. Seperti tata krama, cara berbicara dengan guru atau orang yang lebih tua. Demikian juga dengan pembiasaan ibadah, doa dan belajar dengan baik di dalam kelas.

“Yang paling terasa adalah cara siswa komunikasi dengan guru. Sering kali, anak ngomong ke guru ya sama ketika bicara dengan teman,” kata dia.

Dia berharap agar pandemi ini bisa segera berakhir hingga pembentukan karakter anak kembali terbentuk. Dengan demikian, anak tidak hanya menguasai materi pembelajaran atau hanya menguasai sisi akademis.

“Akademis mumpuni sekaligus punya karakter kuat,” tegasnya. (*)