Yuk Kenali Fungsi Oli Pada Motor

  • Bagikan
Pemilik dan pengendara motor wajib kenali fungsi oli mesin. (doc)

JAKARTA – Kinerja mesin motor tidak pernah lepas dari keberadaan oli. Cairan ini tidak hanya berfungsi sebagai pelumas semata. Namun ada sederet fungsi lain yang dan mutlak bagi pengguna motor untuk mengetahuinya.

Apa saja fungsi oli pada motor? Berikut penjelasan Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Hariadi.

  1. Menjadi Pelumas Komponen Mesin

Oli mesin berguna untuk melumasi komponen mesin, meminimalkan gesekan, dan membuat mesin lebih ringan. Semakin ringan gerak yang ditimbulkan, maka semakin cepat pula langkah kerja yang dilakukan mesin.

  1. Pelapis Komponen Mesin

Oli memiliki peranan penting sebagai pelapis permukaan komponen mesin. Oli akan membentuk lapisan di setiap permukaan komponen mesin, hal ini dapat meminimalisir celah (clearence) yang timbul akibat renggangnya komponen mesin.

  1. Mendinginkan Mesin

Komponen yang saling bergesekan dapat membuat suhu mesin menjadi panas, namun dengan adanya oli mesin yang mengalir ke komponen dapat mengurangi gesekan yang terjadi sehingga komponentetap berada di area suhu normal. Hal ini membuat bentuk komponen tetap dalam kondisi terbaik.

  1. Membersihkan Komponen

Kotoran karena gesekan antar komponen mesin tersebut akan diangkut oleh oli yang tersirkulasi dalam mesin dan akhirnya tertampung di filter oli. Kondisi ini akan membuat bagian dalam mesin tetap bersih karena tidak ada kotoran yang menempel maupun menggumpal.

  1. Melindungi dari Korosi

Komponen mesin yang terbuat dari logam sangat rentan terkena proses elektrokimia atau karat yang terbentuk akibat tercampurnya hidrogen, oksigen dan atom di besi. Maka dari itu, oli mesin memiliki fungsi melindungi setiap komponen dari karat yang menyebabkan korosi.

  1. Menghaluskan Suara Mesin

Oli mesin memiliki fungsi meredam suara yang ditimbulkan akibat interaksi maupun gesekan antar komponen mesin sehingga suara mesin menjadi lebih halus.

“Penggunaan oli mesin yang tepat dan sesuai kebutuhan kendaraan dapat menunjang cara kerja mesin menjadi optimal,” tegas Hariadi. (*)

  • Bagikan