News  

10 Hari Pertama Bulan Ramadan, Waktu Tepat Berdoa

10 hari pertama bulan ramadan adalah fase rahmat. Ada keutamaan dalam 10 hari pertama bulan ramadan. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Keutamaan atau istimewanya 10 hari pertama bulan Ramadan memang luar biasa. Hingga waktu 10 hari pertama saat menjalani puasa ramadan, perlu dimaksimalkan untuk meraih pahala. Sekaligus memanjatkan berbagai doa permintaan langsung kepada Alloh SWT.

Selama Ramadan, ibadah hanya sebatas puasa dengan menahan lapar dan haus sepanjang hari. Namun ada ibadah lain yang bisa dikerjakan.

Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda jika:

“Awal bulan Ramadan adalah Rahmat, pertengahannya ampunan, dan akhirnya pembebasan dari api neraka. (HR. Al-Baihaqi).”

Dari hadist ini jelas memperlihatkan kalau membagi bulan Ramadan dalam 3 fase. Yakni fase awal, pertengahan dan terakhir. Fase pertama atau 10 hari pertama adalah fase penuh rahmat. Fase ke dua yakni ampunan dan terakhir pembebasan dari api neraka.

Dan berikut keutamaan 10 hari pertama bulan ramadan.

1. Terbukanya Pintu Rahmat
Pintu Rahmat Allah SWT akan terbuka pada sepuluh hari pertama di Bulan Ramadhan. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk banyak berbuat kebaikan yang dapat mendatangkan pahala dan keberkahan.

2. Waktu yang Paling Tepat untuk Berdoa Sebanyak-Banyaknya.

Jangan lewatkan 10 hari pertama ini untuk berdoa sebanyak-banyaknya. Karena ada waktu mustajab utnuk berdoa selama 10 hari pertama tersebut. Seperti di waktu sahur, berbuka, dan saat mendengarkan adzan.

3. Pahala Dilipatgandakan oleh Allah SWT.
Ramadhan memang bulan yang sangat istimewa. Di bulan ini Allah SWT akan melipatgandakan setiap amalan semua umat Islam.

4. Terbukanya Pintu Surga dan Tertutupnya Pintu Neraka
Pada Bulan Ramadhan, Allah SWT akan membuka pintu surga dan menutup pintu neraka. Ini bisa berarti Alloh membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi manusia untuk mendapatkan pahala dan menutup kesempatan manusia berbuat dosa.

Demikian keutamaan 10 hari pertama bulan Ramadan. (*)