600 ha Sawah Lenyap Kena Jalan Tol

  • Bagikan
Areal sawah di Kabupaten Cilacap lenyap 600 ha akibat pembangunan jalan tol

PENULIS : HARYADI NURYADIN

CILACAP – Imbas dari pembangunan tol Bandung-Cilacap adalah lenyapnya sejumlah areal sawah di Kabupaten Cilacap. Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap memperkirakan, ada 600 ha sawah yang akan lenyap karena dilintasi jalur bebas hambatan itu.

“Rencana sekitar 600 hektar,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Supriyanto.

Menurutnya, hilangnya sawah karena pembangunan tol Bandung-Cilacap ini tidak bisa dihindari. Termasuk akibat yang sangat mungkin muncul yakni menurunnya produksi padi ataupun beras di Kabupaten Cilacap. Dia mengakui kalau pengaruhnya dipastikan ada.

Namun demikian pihaknya juga sudah menyiapkan sejumlah langkah bersifat antisipati. Tujuannya agar menjaga produksi gabah maupun beras tidak sampai anjlok dan bisa memenuhi kebutuhan warga. Bahkan jika perlu, mampu mempertahankan surplus pangan yang mencapai 370 ton setara beras.

“Pengaruh pasti ada. Tapi kita juga sudah antisipasi,” katanya.

Dengan sejumlah antisipasi lain yang juga diterapkan, dia mengaku hasil produksi pagi Kabupaten Cilacap bisa tetap terjaga. Apalagi dengan melihat pengalaman tahun 2020 lalu dimana hasil produksi rata-rata naik 1 kwintal per ha.

“Masih aman,” katanya.

Menurutnya, antisipasi yang diterapkan adalah menggunakan tekhnologi pertanian. Seperti mesin tanam dan pemanen. Dengan demikian proses tanam maupun panen bisa lebih cepat dan hasilnya maksimal. Untuk sementara, dinas belum ada rencana untuk membuat lahan baru.

“Lahan baru ada, tapi belum tercatat,” katanya.

Dia mencontohkan lahan pekarangan yang diubah menjadi sawah di Desa Penisihan Kecamatan Maos. Warga setempat mengalirkan air ke lahan kering agar bisa ditanami. Total ada sekitar 15 ha lahan sawah baru hasil kreasi warga setempat.

“Lahan pekarangan yang dialiri air. Tapi ini belum tercatat,” katanya.

Pembangunan tol tersebut nantinya akan melintasi sejumlah kecamatan di bagian selatan, tengah dan timur Kabupaten Cilacap. Seperti dilansir liputan6.com, ruas tol masuk Cilacap melalui Kecamatan Patimuan sampai Jeruklegi. Dari sana baru menuju wilayah timur yang berbatasan dengan Kabupaten Kebumen. (*)

  • Bagikan