News  

Bangkitkan UMKM Lewat Expo

Anggtota DPR RI Teti Rohatiningsih didampingi Sekda Cilacap, Awaludin Muuri dan Camat Majenang, Iskandar Zulkarnain saat membuka expo, Jumat (22/4/2022). Expo menjadi upaya untuk bangkitkan UMKM dan ekonomi kreatif. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Upaya bangkitkan kembali pelaku UMKM di Kabupaten Cilacap melalui pameran atau expo. Ini sekalgus menjadi upaya membangikan kembali kegiatan ekonomi kreatif.

Seperti yang dilakukan pemerintah di Kecamatan Majenang, Cilacap dengan menggelar expo mulai Jumat (22/4/2022) sampai dengan akhir ramadan.

Peserta mayoritas merupakan pelaku UMKM seperti kelompok tani, pedagang kecil dan BUMDes. Mereka menyediakan berbagai kebutuhan pokok masyarakat menjelang lebaran.

Camat Majenang, Iskandar Zulkarnain mengatakan, 2 tahun pandemi sudah meruntuhkan pelaku UMKM. Hingga UMKM ini perlu ada upaya untuk kembali bangkit kembali.

“Selama pandemi, pelaku UMKM dan ekonomi kreatif sangat terpuruk. Hingga harus ada upaya untuk bangkitkan UMKM kembali lewat expo ini,” katanya.

Dia mengatakan, upaya bangkitkan kembali UMKM melalui expo ini akan sangat mendukung pembangunan di wilayah tersebut. Ini karena wilayah Kecamatan Majenang punya penduduk terbesar di Kabupaten Cilacap. Selain itu, wilayah ini juga terluas. Hingga kembangkitan pelaku usaha kecil dan ekonomi kreatif akan bernilai positif dan membawa dampak luas.

“Majenang ini punya penduduk terbesar di Kabupaten Cilacap. Kalau UMKM kita bangkit kembali, dampaknya sangat luas,” katanya.

Anggota DPR RI Fraksi Golkar, Teti Rohatiningsih menilai upaya ini perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak karena punya sisi positif.

“Ini upaya yang sangat bagus karena menjadi bagian dari recovery ekonomi kita lewat UMKM,” tegasnya. (*)