News  

Baru 2 Bulan, Talud Ambruk Lagi

Talud baru 2 bulan ambruk lagi di Desa Bener Kecamatan Majenang, Cilacap. DPUPR Cilacap langsung melakukan investigasi untuk memastikan penyebab kejadian tersebut. (doc)

CILACAP – Talud di jalan penghubung antar desa di Kecamatan Majenang, Cilacap ambruk lagi meski baru 2 bulan selesai dibangun. Bangunan ini ambruk pada Selasa (28/12/2021) saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut.

Informasi talud ambruk lagi itu sempat beredar di media sosial. Adalah akun @suaramajenang yang mengunggah foto talud ambruk pada Selasa sore.

Dalam keterangan foto tertulis, Terjadi longsor di pereng cirangkong menuju desa bener, sepatnunggal, sadabumi, sadahayu..para pengendara harap berhati-hati.

Kepala UPT Perawatan Jalan dan Jembatan Wilayah Majenang DPUPR Cilacap, Indra Krisdiyanto membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, talud longsor bertepatan dengan hujan deras.

“Kita sudah dapat kabar itu. Kejadian pas hujan deras,” kata Indra, Rabu (29/12/2021).

Dia mengatakan, debit air hujan tinggi inilah yang mengakibatkan talud kembali ambruk. Air di sisi bawah tebing menggerus lapisan pondasi talud.

Dia menambahkan, lokasi ini memang rawan longsor. Titik ini selalu longsor karena sejumlah faktor. Pertama karena tebing sangat terjal dan juga curam. Kedua karena ada aliran air di bawah jalan yang membuat lapisan tanah selalu bergerak.

“Ada aliran air bawah. Hingga titik ini rawan longsor,” katanya.

Namun dia belum bisa memastikan penyebab kerusakan pada talud karena butuh penelitian dari tim teknis. Rabu siang, tim tekhnis dari DPUPR Cilacap sudah berada di Majenang guna melihat secara langsung.

“Tim baru tiba dan segera ke lokasi,” tegasnya. (*)