Batu Raksasa Tutup Jalan, 2 Desa Terisolasi

  • Bagikan
Batu raksasa menutup jalan penghubung 2 desa di Kecamatan Cimanggu, Cilacap. BPBD kesulitan karena alat berat tidak mampu membongkar batu raksasa. (doc)

CILACAP – Meski sudah memasuki awal musim kemarau, bencana tanah longsor di Kabupaten Cilacap masih terjadi. Hujan deras pada Rabu (5/5/2021) mengakibatkan jalan tertutup batu raksasa. Akibatnya, 2 desa di Kecamatan Cimanggu terputus total.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap, Tri Komara Sidhy mengatakan, bencana ini sudah menutup jalan kabupaten. Ruas ini menghubungkan Desa Cibalung dan Bantarmangu Kecamatan Cimanggu, Cilacap.

“Ya ada tanah longsor menutup jalan kabupaten,” ujar Tri Komara Sidhy.

Dia mengatakan, jalan ini tertutup tebing yang longsor akibat hujan deras. Longsor ini membuat batu berukuran besar menutup separuh jalan tersebut. Untuk sementara, kendaraan roda 2 maupun 4 belum bisa melintasi jalan tersebut.

Pasca kejadian, warga bersama aparat gabungan sudah dikerahkan untuk melakukan kerja bakti. Hanya saja, langkah ini belum bisa membuka akses warga kedua desa tersebut karena adanya batu raksasa.

“Sudah kerja bakti tapi memang kesulitan karena ada batu,” kata dia.

Pihaknya lalu mengerahkan 1 unit alat berat untuk membongkar batu raksasa itu. Namun alat berat ini juga mengalami kesulitan karena ukuran batu sangat besar sementara alat milik BPBD Cilacap berukuran kecil.

“Kita kesulitan karena alat berat untuk memecah batu begitu besar tidak mampu,” katanya.

Pihaknya masih terus mengupayakan agar longsor ini bisa teratasi dengan mengerahkan alat berat lainnya.

“Sedang kita upayakan alat berat,” tandasnya. (*)

  • Bagikan