News  

Bupati Kantongi Sekda

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam sebuah kesempatan. Bupati mengaku sudah mengantongi 1 nama untuk dilantik menjadi Sekda pada 1 April 2022. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengaku sudah kantongi nama Sekda untuk menggantikan Farid Ma’ruf yang segera memasuki masa purna April 2022. Nama tersebut dia peroleh usai 3 kandidat terkuat mengikuti tes wawancara dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada Rabu (23/3/2022).

Proses seleksi sekda sudah berjalan dan sudah memasuki babak terakhir. Bahkan sudah ada kabar pelantikan Sekda baru pada 1 April mendatang. Ada 10 pejabat teras di Kabupaten Cilacap yang mengikuti seleksi dari awal hingga kemudian menyusut menjadi 3 kandidat.

Mereka adalah Awaludin Muuri yang merupakan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Berikutnya adalah Sadmoko Danardono, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Terakhir adalah Budi Santoso yang menjadi orang nomor 1 di Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBPPPA).

Dan ketiga orang inilah kemudian mengikuti tes wawancara dengan Gubernur Jawa Tengah. Bupati memastikan akan ada pelantikan Sekda pada 1 April mendatang.

“1 April pasti dilantik,” ungkap Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

Bupati menambahkan, dia sudah kantongi satu nama yang hampir pasti menjadi Sekda. Namun saat didesak nama sekda yang sudah dia kantongi, bupati masih berkelit. Ini karena nama tersbut tengah dalam pengusulan ke Kementerian Dalam Negeri untuk kemudian dilantik menjadi Sekda Cilacap.

“(Wawancara) sudah ada hasil. Tinggal nunggu dari Kementerian Dalam Negeri,” kata Tatto.

Semula ada 4 kandidat yang maju dalam seleksi Sekda Cilacap. Masing-masing adalah Awaludin Muuri, Sadmoko Danardono, Budi Santoso dan Direktur RSUD Cilacap, dr Moch Ilyas Riyanto.

Moch Ilyas Riyanto kemudian gugur hingga menyisakan 3 orang untuk tahap seleksi terakhir berupa wawancara dengan Gubernur Jawa Tengah.

Menurut Tatto, ke 4 orang ini punya kemampuan masing-masing dengan latar belakang berbeda. Dia sangat yakin pengganti Sekda kedepan benar-benar kader terbaik.

“Saya sih inginnya terpilih semua tapi kan tidak mungkin,” tegasnya. (*)