Derita Asma Menahun, Pria Tua Gantung Diri

  • Bagikan
Petugas memeriksa lokasi Suhono, warga Desa Salebu RT 02 RW 08 Desa Salebu Kecamatan Majenang, Cilacap, Selasa (8/6/2021). Diduga korban gantung diri karena sakit asma menahun. (doc)

CILACAP – Menderita penyakit menahun dan tak kunjung sembuh, memang sangat menyiksa. Apalagi penyakit ini berhubungan dengan pernapasan. Jika kambuh, bisa sangat menyiksa karena betapa susahnya bernafas dan mendapatkan oksigen dari udara bebas.

Derita panjang ini dirasakan betul oleh Suhono (53), warga RT 02 RW 08 Dusun Margadana Desa Salebu Kecamatan Majenang, Cilacap. Dia sudah mengidap gangguan asma selama 3 tahun terakhir. Upaya pengobatan alternatif sudah dijalani namun belum membuahkan hasil. Ujungnya dia merasa putus asa dan memusutkan mengakhiri hidupnya sendiri pada Selasa (8/6/2021) pagi.

Dia ditemukan sudah kaku dan terikat pada seutas tali berwarna biru. Tali ini melingkar di leher dan dikaitkan pada bambu penyangga atap salah satu ruang belakang rumahnya.

“Keluarga menemukan dia sudah tergantung. Sekitar setengah enam pagi,” ujar Kasie Trantib Kecamatan Majenang, Wasis Nurcahyo.

Mendapati hal ini, keluarga langsung melapor ke perangakt desa setempat dan diteruskan ke aparat keamanan. Petugas langsung meluncur ke lokasi yang terdiri dari anggota Polsek, Koramil dan Satpol PP Majenang bersama perangkat desa.

Aparat lalu menurunkan tubuh Suhono dan diperiksa oleh petugas medis yang dihadirkan ke lokasi. Petugas medis memastikan korban meninggal karena gantung diri.

“Ada bekas ikatan di leher,” kata Wasis.

Menurut penuturan keluarga kepada petugas, Suhono pada Senin (7/6/2021) sempat diterapi tradisional. Dia lalu berbincang dengan salah satu kerabat sampai sekitar pukul 03.00, Selasa dini hari.

“Sempat ngobrol lama sampai jam 3 pagi,” katanya.

Petugas menduga, korban melakukan aksi bunuh diri sekira pukul 03.40. Ditambah dengan penemuan Suhono pada pukul 05.30. Selain itu, kuat dugaan Suhono putus asa karena mengidap sakit asma selama 3 tahun terakhir dan belum ada tanda-tanda perubahan. (*)

  • Bagikan