News  

Dinas Pilih Tidak Regrouping SD 03 Sadahayu

Siswa SD 03 Sadahayu Kecamatan Majenang belajar di posyandu. Dinas pilih tidak regrouping SD ini meski jumlah siswa sangat sedikit. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, pilih tidak lakukan regrouping SD 03 Sadahayu Kecamatan Majenang. Meskipun jumlah siswa di sana sangat terbatas. Tahun ini hanya ada 26 siswa saja.

Selain menghadapi ancaman sekolah yang akan ambruk, SD 03 Sadahayu Kecamatan Majenang, Cilacap juga memiliki masalah lain. Yakni jumlah siswa yang sangat sedikit.

Saat ini, siswa SD 03 Sadahayu hanya ada 26 anak. Mereka terdiri dari 4 anak di kelas 2, 11 anak di kelas 4 dan 6. Sementara kelas 1, 3 dan 5 tidak ada siswa sama sekali. Ini artinya, tahun 2022 tidak ada siswa baru yang mendaftar.

Dari jumlah siswa inilah, secara regulasi SD 03 Sadahayu harus diregruoping. Namun ternyata Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap tidak lakukan regrouping SD 03 Sadahayu.

Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Majenang, Amir mengatakan, dinas sudah membuat keputusan setelah melihat kondisi di lapangan.

“Sudah ada pejabat dinas yang turun ke lokasi. Hingga tahu penyebab jumlah siswa yang sedikit itu,” kata dia.

Salah satu pertimbangan dinas karena Dusun Sadahayu merupakan wilayah terpencil. SD 03 menjadi satu-satunya lembaga pendidikan di sana. Sementara SD terdekat tergolong sulit diakses warga karena jalan rusak.

“Warga sana kan memang dari dulu sedikit. Dan kalau SD 03 diregrouping, bisa jadi tidak ada anak yang mau sekolah karena sulitnya jalan ke SD 01,” terangnya.

“Hingga SD 03 Sadahayu harus tetap ada meski hanya dapat murid tiap 2 tahun,” tegasnya. (*)