News  

Ganjar Ingin Nusakambangan jadi Penjara Koruptor

ilustrasi

CILACAP – Ganjar Pranowo kembali menegaskan bahwa Lapas Nusakambangan akan jadi penjara bagi para koruptor dan menjadi program prioritas utama. Hal itu dia sampaikannya saat melakukan safari ke Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (9/1/2024).

“Iya, tentu program Nusakambangan jadi penjara bagi koruptor akan menjadi prioritas utama,” ujar capres 2024 nomor urut 3 itu.

Menurutnya, penerapan kebijakan itu tidaklah sulit dan tidak perlu merubah regulasi. Artinya, tinggal menjalankan saja. Karena selama ini Nusakambangan sudah menjadi penjara untuk berbagai kasus. Termasuk menjadi penjara bagi penjahat kelas kakap, kasus narkoba sampai teroris.

“Tidak sulit. Tidak (merubah regulasi). Langsung menjalankan saja,” terangnya.

Ketegasan Ganjar membuat program agar Nusakambangan jadi penjara koruptor sebagai bukti komitmennya dalam memberantas korupsi di tanah air.

“Itu agar ada efek jera yang agar kita bisa betul-betul mencegah korupsi tidak terjadi,” jelasnya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu menambahkan, ketegasan itu pula yang nantinya akan meningkatkan integritas bagi siapapun. Terutama pejabat publik untuk bisa amanah.

“Mudah-mudahan semua bisa punya integritas, diberikan amanah, tidak dusta dan kemudian juga tidak pungli, tidak korupsi dan tidak mencuri,” imbuhnya.

Lapas Nusakambangan berada di sebuah pulau kecil di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Bagi sebagian orang, Lapas Nusakambangan merupakan salah satu penjara paling mengerikan. Hingga banyak yang menyebutnya sebagai Alcatraz-nya Indonesia.

Selain itu, penjara ini terkenal mengerikan lantaran memiliki penjagaan yang sangat ketat karena menahan narapidana kelas kakap dengan hukuman yang berat. Termasuk narapidana dengan hukuman mati. (*)