Hendak Angkat Crane, Alat Berat Justru Terbakar

  • Bagikan
Petugas Satdamkar Cilacap memadamkan sisa api di kokpit alat berat yang terbakar, Rabu (4/8/2021). Api diperkirakan berasal dari arus pendek. (doc)

CILACAP – Maksud baik terkadang tidak berujung baik. Bukan karena maksud baik ini dihalangi orang lain. Namun karena ada kendala lain yang membuat niat baik ini tidak bisa diselesaikan.

Seperti yang terjadi di Jalan Stasiun Kecamatan Kesugihan, Cilacap, Rabu (4/8/2021) siang kemarin. Sebuah alat berat milik PT TRIAS yang beralamat di Jalan MT Haryono, Cilacap, terbakar saat hendak memberikan pertolongan.

Kejadian ini berawal saat ada sebuah mobil crane terperosok di lokasi kegiatan proyek fisik di Jalan Stasiun Kecamatan Kesugihan, Cilacap. Melihat ini, operator alat berat bermaksud memberikan pertolongan untuk mengangkat crane ke tempat lebih aman.

Namun tiba-tiba, terdengar suara seperti ledakan kecil disusul dengan munculnya percikan api. Api ini kemudian dengan cepat membesar hingga merusak alat berat tipe PC 100 lansiran Komatsu.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran di Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Cilacap, Supriyadi menjelaskan, laporan pertama kali masuk ke Damkar Cilacap sekitar pukul 11.40. Sementara kejadian bermula 10 menit sebelum laporan diterima petugas.

Mendapati laporan ini, petugas piket di UPT Damkar Cilacap langsung bergerak menuju lokasi dan dilengkapi peralatan pendukung. Setiba di lokasi, petugas langsung melakukan pemadaman hingga api kemudian bisa ditaklukan.

“Petugas langsung melakukan pemadaman saat tiba di lokasi,” ujar Supriyadi.

Dia mengatakan, kebakaran ini mengakibatkan kerusakan hebat pada alat berat tersebut. Hingga pemilik mengalami kerugian besar dan mencapai Rp 400 juta. Kerusakan pada alat berat ini nampak dibagian kokpit operator yang nampak menghitam bekas terbakar. Namun demikian, tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut.

“Kami pastikan tidak ada korban jiwa,” katanya.

Dari penelusuran dan keterangan sejumlah saksi, petugas memperkirakan api muncul karena ada arus pendek hingga kemudian membakar kokpit alat berat tersebut.

“Penyebab kebakaran karena arus pendek,” tegasnya. (*)

  • Bagikan