HUT RI, Pemuda Cilacap Bentangkan Bendera Raksasa

  • Bagikan
Pemuda Cilacap kibarkan bendera raksasa di tebing tepi jalan nasional, tepat sebelum upacara detik prokalamasi, Selasa (17/8/2021). (doc)

CILACAP – Peringatan HUT RI ke 76 dimeriahkan dengan pengibaran bendera raksasa oleh pemuda Cilacap. Pengibaran ini dilakukan tepat menjelang detik-detik proklamasi, Selasa (17/8/2021).

Seperti yang dilakukan oleh sejumlah pemuda di Kecamatan Karangpucung. Mereka membentangkan bendera raksasa berukuran 17 X 2 Meter di tebing terjal. Lokasi pemasangan bendera tersebut sangat mencolok karena berada di tepi jalan nasional yang menghubungkan Jawa Tengah bagian selatan.

Inisiator pengibaran bendera ini, Rio Prasetyo mengatakan, langkah ini ditempuh sebagai wujud kecintaan pemuda terhadap Tanah Air. Selain itu sebagai upaya menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang memerdekakan tanah air.

Dia mengatakan, bendera ini dibuat selama satu minggu lebih. Pihaknya mengalami kesulitan karena bendera dijahit secara manual. Disamping itu, mencari bahan dengan ukuran 17 X 2 meter juga bukan perkaran gampang.

“Kami beli bahan lalu dijahit manual. Hingga butuh waktu seminggu lebih,” ujarnya.

Dia menjelaskan, sebelum dibentangkan bendera ini diarak oleh para pemuda setempat. Titik awal dari sekitar Kantor Camat Karangpucung menuju ke barat. Titik terakhir ada di tebing yang dijadikan tempat pemasangan bendera.

“Spot (titik) terakhir di tebing ini,” kata dia.

Aksi serupa juga dilakukan oleh para pecinta alam di Cilacap yang tergabung dalam Parma Rescue. Mereka membentangkan bendera di atas jembatan Sungai Cilaca Desa Majingklak Kecamatan Wanareja. Aksi ini dilakukan oleh sejumlah anggota Parma dengan menuruni jembatan sembari membentangkan bendera.

Koordinator pengibaran, Hendro mengatakan, ukuran bendera mencapai 4 X 2,5 Meter.

“Usai pengibaran bendera dilanjutkan tebar benih ikan di sungai,” tegasnya. (*)

  • Bagikan