News  

IGD RSUD Cilacap Pindah Ke Gedung Baru

Master plan RSUD Cilacap memperlihatkan rencana pengembangan rumah sakit pemerintah itu. Dalam waktu dekat, IGD akan pindah dan menempati gedung baru. (doc)

CILACAP – Instalasi Gawat Darurat atau IGD di RSUD Cilacap, akan segera pindah dan menempati gedung baru. Rencananya, gedung baru bernama Gedung B ini akan segera diresmikan. IGD di gedung baru tersebut akan lebih representatif.

Direktur RSUD Cilacap, dr Moch Ilyas Rianto menjelaskan, manajemen tengah mempersiapkan segala sesuatunya agar nantinya gedung ini siap beroperasi. Termasuk mempersiapkan agar IGD nantinya pindah dan menempati ke gedung baru tersebut.

“Sekarang lagi persiapan peresmian,” kata dia.

Dia menambahkan, Gedung B akan memiliki sejumlah ruang penunjang perawatan. Selain IGD juga akan ada laboratorium. radiologi dan lainnya. Selain itu juga akan ada ruang perawatan pasien non bedah kelas 3. Dan seluruh ruang perawatan tersebut akan ada fasilitas pendingin udara.

“Biar pasien merasa lebih nyaman dan mempercepat proses penyembuhan,” kata dia.

Selain itu, Gedung B akan menjadi pusat perawatan pasien dengan keluhan jantung, stroke dan lainnya. Semua perawatan tersebut akan menggunakan ruang yang ada di sana.

“IGD di belakang pindah sana. Kita fullkan jadi sentre jantung stroke dan lainnya,” kata Rian.

Dia sudah merencanakan pengembangan gedung tersebut. Nantinya akan ada ruang cuci darah, gudang farmasi dan rawat inap. Khusus untuk cuci darah sekarang sudah ada 24 Tempat Tidur. Nantinya bisa bertambah lagi antara 40 hingga 50 Tempat Tidur.

“Kita sudah siapkan rencana tambahan alat kesehatan,” kata dia.

Dia menegaskan, langkah ini menjadi bagian dari pembenahan dan perbaikan pelayanan di sana. Termasuk mempersiapkan infrastruktur, alat kesehatan dan tenaga medis secara komprehensif.

“Alat kesehatan akan terus kita sesuaikan dengan layanan seperti poly dan penunjang akan kita kuatkan,” kata dia. (*)