Ini Buah Yang Cocok Untuk Dukung Puasa

  • Bagikan
Semangka menjadi salah satu buah yang cocok untuk mendukung puasa

PENULIS : HARYADI NURYADIN

CILACAP – Menjalani ibadah puasa seharian penuh dan dilakukan dalam satu bulan, membutuhkan kekuatan tubuh luar biasa. Apalagi menjalani ibadah puasa bersamaan dengan musim kemarau. Terik matahari, udara panas dipastikan membuat kekuatan fisik menurun drastis.

Mengurangi atau menghindari ancaman dahaga, menjadi salah satu cara puasa bisa tetap berjalan lancar tanpa. Tentu saja dengan mengkonsumsi buah-buahan tertentu agar siang hari, terutama saat cuaca terik tubuh tidak sampai mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Berikut buah yang bisa mendukung agar puasa tetap lancar.

  1. Semangka

Kandungan air yang tinggi dalam semangka, sangat membantu tubuh agar tetap terasa segar. Air dibutuhkan tubuh untuk mendukung metabolisme dan menjaga suhu agar selalu stabil.

  1. Melon

Sama seperti semangka, melon juga punya kandungan air yang tinggi. Melon juga punya serat tinggi dan sangat bagus bagi tubuh.

  1. Mentimun

Kadar air dalam mentimun juga tergolong tinggi. Dalam 100 gram, mentimun mengandung 95,23 g. Cukup tinggi dan sangat bermanfaat.

  1. Tomat

Tomat, sayuran berwarna merah ini sangat cocok jika dikonsumsi dalam bentuk jus maupun utuh. Kandungan air tinggi dan gabungan vitamin C dan A membawa pengaruh besar bagi tubuh karena menjadi antioksidan.

“Buah-buahan ini sangat kita sarankan karena punya kadar air tinggi,” ujar Ahli Gizi RSUD Majenang, Wulan Sarijatun SGz.

Dia menambahkan, kebutuhan air rata-rata bagi orang yang menjalankan ibadah puasa antara 8 sampai 10 gelas per hari. Jumlah ini sangat disarankan agar tubuh terhindar dari dehidrasi atau kekurangan air.

“Buah bisa membantu menambah pasokan air,” katanya.

Berdasarkan rekomendasi Kementerian Kesehatan RI, menu sehat mengandung 3 unsur utama dalam isi piringku. Masing-masing adalah karbohidrat, sayuran dan gabungan antara protein dengan buah.

“Selama puasa ini harus mengkonsumsi gizi berimbang dan mengacu pada isi piringku. Ini sesuai dengan regulasi dari Kementerian Kesehatan RI,” tandasnya. (*)

  • Bagikan