Kiat Sukses Ala Ketua Pemuda Muhammadiyah Cilacap

  • Bagikan
Ketua Pemuda Muhammadiyah Cilacap beberkan kiat sukses. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Sukses dan menjadi orang dengan pendapatan besar, bukan sebuah kemustahilan bagi semua orang. Untuk bisa mencapainya, butuh beberapa hal yang bisa mendukungnya.

Bagi Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Cilacap, Rahmat Purnomo, kesuksesan bukan hal mustahil. Syaratnya adalah menjalani dan memegang kunci sukses.

Apa saja kunci suksesnya.

Menurut pria yang karib disapa Pupung ini, kunci sukses berawal dari mimpi. Mimpi ini bisa menjadi dorongan, motivasi agar seseorang bisa berjuang keras untuk meraihnya.

“Semua berawal dari mimpi. Mimpi bisa menikah, punya mobil, penghasilan besar dan sebagainya,” katanya mengawali pemaparan di hadapah manajer dan tim marketing offline PT De Nature, Rabu (7/4/2021).

Kunci kedua adalah usaha yang sunguh-sunguh. Usaha secara sungguh-sungguh ini menjadi implementasi atau perwujudan dari mimpi itu. Tanpa ini, sukses tidak mungkin bisa diraih. Bahkan mimpi ini akan lenyap tak berbekas.

“Tanpa usaha, mimpi akan hilang setelah kita bangun tidur,” katanya.

Berikutnya adalah istikomah. Kata yang mudah diucapkan namun sulit dikerjakan ini akan muncul setelah usaha mulai dilakukan. Seperti adanya kendala, atau juga godaan lainnya. Bisa juga dalam bentuk tawaran menarik yang akan mengubah tujuan akhir dari langkah awal.

“Sederhananya, istikomah ini adalah kontinuitas atau keberlangsungan usaha. Di dalamnya ada perjuangan dan doa yang terus menerus,” terangnya.

Dia melanjutkan, kunci sukses selanjutnya adalah kejujuran. Perilaku seperti ini akan membuat orang lain menaruh rasa hormat, percaya dan juga memberikan rasa cinta. Sebaliknya, jika sudah ada “stempel” tidak jujur, maka siapapun akan menghilangkan rasa percaya.

Kunci terakhir adalah tawakal. Kata ini berarti kepasrahan menyeluruh kepada Sang Pencipta tanpa syarat apapun. Namun kepasrahan ini bukan berarti menyerahkan segala-galanya kepada Tuhan layaknya orang putus asa.

“Pasrah (kepada hasil akhir) yang disertai usaha,” katanya.

Usaha Jalan, Orangnya Jalan-jalan

Menurutnya, kesuksesan pada tahap tertentu akan memberikan banyak peluang dan kesempatan bagi siapapun. Termasuk bisa menikmati hidup atau bekerja dengan lebih tenang. Hal ini bisa terjadi karena ada “pasif income” yang datang dari hasil kerja keras sejak merintis usaha.

Dengan pasif income ini, maka usaha yang dirintis akan dengan sendirinya mendatangkan penghasilan. Hingga pelakunya bisa dengan mudah menjalankan usaha, atau melakukan banyak hal lainnya.

“Usaha jalan, orangnya jalan-jalan,” katanya.

Disamping itu, kesuksesan terbaik baginya bukanlah mampu meraih semua impian. Atau membut dirinya kaya saat orang terdekat masih didera masalah hingga kemiskinan. Justru kesuksesan ini harus membawa pengaruh atau manfaat besar bagi orang lain.

“Ketika semua mimpi terwujud, bermanfaat bagi orang lain serta bisa membahagiakan orang sekitar, itulah saat anda dikakatan sukses,” tegasnya. (*)

  • Bagikan