News  

Kokam Pikul Tugas Berat

Sekda Cilacap, Farid Ma'ruf (baju putih) menerima koas Kokam Cilacap dari Panitia dan PDPM Cilacap saat pembukaan Diklatsar Kokam, Jumat (11/2/2022). (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah atau KOKAM pikul 3 tugas berat di pundak mereka. Tugas ini sangat mulia karena harus memperhatikan lingkungan dan memberikan dukungan bagi mereka yang lemah.

Kokam sebagai bagian dari Muhammadiyah, tidak bisa lepas dari peran untuk membantu sesama dan meringankan beban masyarakat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf membeber ke-3 tugas berat yang harus di pikul Kokam. Tugas pertama adalah untuk membawa manfaat sebesar-besarnya dalam hal kemanusiaan.

“Ini tugas utama. Kokam harus peduli lingkungan, memperhatikan anak yatim dan kurang mampu,” ujarnya saat memberikan sambutan sekaligus membuka Pendidikan dan Latihan Dasar Kokam PDM Cilacap di SD Muhammadiyah 2 Cimanggu, Cilacap, Jumat (11/20/2022).

Dia melanjutkan, tugas berat kedua adalah memberikan dukungan saat kebencanaan. Hal ini sejalan dengan fungsi Kokam yang mampu memberikan pertolongan kepada sesama.

“Memang sudah ada MDMC. Tapi tinggal sinergi saja. Ini peluang Kokam yang bisa digarap,” katanya.

Tugas berat terakhir bagi semua anggota Kokam adalah menjaga kelestarian lingkungan. Ini menjadi tugas berat karena harus memberi kesadaran kepada warga akan pentingnya menjaga lingkungan.

“Sering kali banjir terjadi karena sumbatan sampah di saluran air dan sungai,” kata dia.

Ketua PDM Cilacap, Kuswan Hasan mengatakan, pendidikan dasar ini harus mampu meningkatan kemampuan anggota. Selain itu, anggota Kokam tetap bisa menjaga diri masing-masing usai pelatihan.

“Jangan sampai setelah Diklatsar untuk ngamplengi (menempeleng) orang,” kata Kuswan.

Ketua Panitia Diklatsar Hari Imam Mawardi mengatakan, ada 79 peserta yang mengikuti pelatihan tersebut. Mereka berasal dari seluruh cabang muhammadiyah di Kabupaten Cilacap.

“Pelatihan selama 3 hari mulai Jumat sampai Ahad (13/2/2022),” tegasnya. (*)