KUR Bank Jateng, Rp 100 Juta Tanpa Agunan

  • Bagikan
Bupati Cilacap saat bertemu pedagang pasar. Pedagang pasar dan pelaku UMKM terdampak PPKM bisa mendapatkan kredit mudah dan murah dari Bank Jateng yang bisa dimanfaatkan untuk membangkitkan ekonomi. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Bank plat merah, Bank Jateng punya skema untuk membangkitkan ekonomi rakyat selama pandemi. Bank ini memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan berbagai kemudahan yang bisa dimaksimalkan para pelaku usaha kecil. Bahkan disiapkan gelontoran dana kredit sampai Rp 100 juta tanpa jaminan apapun.

Hal ini ditegaskan Kepala Bank Jateng Cilacap, Siti Nafisah. Langkah ini sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam untuk membangkitkan ekonomi masyarakat selama pandemi.

“Kami, Bank Jateng hadir dengan kredit sangat mudah dan bunga sangat murah. Sekarang kredit sampai 100 juta tanpa jaminan. Hingga memudahkan pengusaha untuk mencari modal dalam upaya meningkatkan usaha yang selama ini terdampak pandemi,” terangnya.

Menurutnya, skema KUR yang ada di Bank Jateng memang selalu diarahkan untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dalam skema ini, ada subsidi bunga kredit dari pemerintah untuk mereka.

“Ada subsidi bunga pemerintah dan ada evaluasi berkala,” katanya.

Bank Jateng juga sudah melakukan restrukturisasi kredit bagi 269 pelaku UMKM dengan nilai kredit mencapai Rp 69 M. Dalam program ini, kreditor diberi kemudahan untuk penangguhan pelunasan, cicilan maupun bunga maupun pokok pinjaman.

“Ini memberi ruang tersendiri bagi pelaku UMKM agar bangkit,” tegasnya.

Sebelumnya, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji meminta agar bank pemerintah Bank milik pemerintah ini diminta untuk memberikan dukungan dengan kemudahan dalam pelayanan kredit bagi pelaku usaha kecil. Termasuk pedagang pasar tradisional di Kabupaten Cilacap. Para pedagang yang mengalami kesulitan dan butuh dana untuk membangkitkan kembali, bisa menghubungi Bank Jateng.

“Nanti pedagang yang kena dampak dan butuh permodalan untuk bangkit kembali, Kepala Dinas, Kepala Pasar, (silahkan) hubungi Bank Jateng karena ada KUR (Kredit Usara Rakyat). Harus ada kemudahan tersendiri,” tegasnya. (*)

  • Bagikan