Lubang Muncul Karena Gorong-gorong Ambruk

  • Bagikan
Jalan nasional yang sempat berlubang di Desa Karangpucung Kecamatan Karangpucung, Cilacap sudah selesai dibenahi dan arus lalu lintas kembali normal

PENULIS : HARYADI NURYADIN

CILACAP : Kerusakan di jalan nasional selatan Jawa Tengah, tepatnya di Desa Karangpucung Kecamatan Karangpucung, Cilacap muncul karena gorong-gorong ambruk. Hal ini kemudian membuat lapisan tanah dan aspal di atasnya ikut terbawa masuk. Selain itu juga memunculkan lubang mengerikan berdiameter sekitar 1,5 meter.

“Ada gorong-gorong lama yang amblas,” ujar Pengawas Lapangan Jalur Jawa wilayah setempat, Pujiono, Senin (19/4/2021).

Dia tidak mengetahui persis umur gorong-gorong dan sejak kapan terpasang di bawah jalan nasional dengan kedalaman mencapai 3 meter. Namun gorong-gorong ini berongga setelah lama terkena air. Sementara pinggir gorong-gorong juga terkena aliran air dan muncul gejala rongga.

Pujiono memastikan gangguan dan kerusakan jalan ini sudah ditangani sepenuhnya. Arus kendaraan juga sudah pulih setelah rambu dan peralatan kerja ditarik dari lokasi kejadian.
“Sekarang sudah diberesi dan sudah di-open traffic,” kata dia.

Dia merinci, perbaikan dilakulan petugas dengan mengerahkan sejumlah armada. Seperti 1 unit excvator, dump truck dan pemadat. Perbaikan dilakukan setelah alat berat ini tiba di lokasi kejadian. Seluruh petugas bekerja tanpa henti.

Kerja keras petugas selama kurang lebih 12 jam ini berujung manis. Kerusakan jalan selesai diperbaiki hingga arus lalu lintas kembali normal.

“Jam 6 perbaikan selesai,” katanya. (*)

  • Bagikan