Maling Kambuhan Tertangkap Saat Curi Dompet

Penyidik Polres Cilacap bongkar kasus pencurian sepeda yang dilakukan maling kambuhan. Pelaku tertangkap saat mencuri dompet di warung nasi goreng. (narisakti/bercahayanews.com)

CILACAP – Rubiyanto alias Surip (47), maling kambuhan tertangkap saat tengah mencuri dompet di warung nasi goreng, 2 Februari 2022. Warga langsung membekuk pelaku tersebut bersama sepeda gunung.

Belakang warga mengetahui, sepeda tersebut juga hasil aksi mencuri pelaku pada 9 Januari 2022. Sepeda ini milik Suprapto (46), warga jalan Wijayakusuma Kecamatan Cilacap Selatan, Cilacap.

Wakapolres Cilacap, Kompol Suryo Wibowo mengatakan, pelaku sudah 2 kali menjalani hukuman dengan kasus yang sama.

“Dia residivis dengan kasus yang sama. Pertama pada 2017 dan 2014 lalu,” kata Wakapolres.

Dia menjelaskan, laporan pencurian sepeda gunung milik Suprapto ini sudah masuk ke tangan penyidik. Sepeda ini hilang saat hendak dipakai korban untuk berolah raga pagi.

“Saat mau berangkat, sepeda tidak ada. Dia lalu bertanya ke anggota keluarga dan nyari di sekitar rumah. Tapi sepeda tidak ada,” katanya.

Mendapati laporan ini petugas segera bertindak dengan menggali sejumlah informasi ke berbagai tempat. Namun mereka mendapatkan duriah runtuh saat maling kambuhan ini tertangkap warga saat hendak mencuri dompet.

“Dia diamankan warga karean diduga mencuri dompet berisi uang di salah satu warung nasi goreng,” katanya.

Warga lalu menyerahkan pelaku ke petugas yang langsung melakukan interogasi. Hasilnya, petugas mendapati sepeda tersebut merupakan hasil pencurian di Jalan Wijakusuma.

“Jadi dia tertangkap atas kasus pencurian sepeda dan dompet. Dia juga mengaku kalau sepeda ini hasil nyuri,” katanya.

Atas perbuatannya ini, pelaku terancam hukuman penjara maksimal 7 tahun karena petugas menjerat dengan Pasal 363 KUHP.

Pelaku mengatakan, dirinya mengambil sepeda korban karena kondisi lingkungan tersebut sangat sepi. Dia juga sudah memantau lingkungan tersebut selama beberapa saat.

“Lingkungan perumahan masih sepi,” tegasnya. (*)