Operasi Patuh Candi Plus Prokes Dimulai

  • Bagikan
Kapolres Cilacap, AKBP Leganek Mawardi menyematkan pita kepada petugas sebagai tanda dimulainya Operasi Patuh Candi 2021, Senin (20/9/2021). Operasi Patuh Candi juga akan menegakan pelaksanaan prokes oleh masyarakat. (doc)

CILACAP – Operasi Patuh Candi tahun 2021 akan berbeda dari sebelumnya karena ada unsur plus. Yakni operasi kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Kapolres Cilacap, AKBP Leganek Mawardi menegaskan kebijakan tersebut saat memimpin apel gelar pasukan, di halaman Mapolres Cilacap, Senin (20/9/2021).

“Operasi Patuh Candi pada tahun ini tidak berorientasi pada gakkum lantas (penegakan hukum lalu lintas) atau tilang. Namun seluruh giat diarahkan pada pola preemtif dan preventif untuk menurunkan level PPKM,” ujar Kapolres.

Dalam operasi ini, lanjutnya Polri mengedepankan pendekatan humanis. Caranya dengan menerapkan 100 % tindakan simpatik kepada seluruh warga masyarakat. Beda dengan pelaksaan operasi serupa tahun sebelumnya yang menerapkan 80 % preemtif dan preventis dan sisanya penegakan hukum.

Dalam operasi Patuh Candi 2021 kali ini menggunakan pola operasi 100 % tindakan simpatik dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Sementara pola operasi sebelumnya menggunakan 80% giat preemtif dan preventif serta 20% gakkum.

“Tindakan simpatik humanis kepada masyarakat ini dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat kepada Polri,” kata dia.

Saat ini, katanya, pemerintah tengah berjuang menurunkan angka penyebaran Covid19 melalui berbagai kebijakan. Mulai dari mendisiplinkan masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan melalui 6M. Yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas dan menghindari makan bersama.

“Juga percepatan pemberian vaksinasi,” ucap Kapolres.

Operasi Patuh Candi tahun 2021 akan melibatkan 104 personil gabungan. Mereka merupakan 63 anggota Polri dan personil tambahan lainnya sebanyak 40 anggota. Masing-masing berasal dari Kodim, Lanal, Dinas Perhubungan dan Sat Pol PP Kabupaten Cilacap. (*)

  • Bagikan