Pejabat Jadi Dirigen Orkestra

  • Bagikan
Bupati Cilacap melantik sejumlah pejabat, Jumat (29/10/2021). Bupati memint pejabat terlantik untuk bisa menjadi dirigen orkestra agar organisasi bisa harmonis. (narisakti/bercahayanews.com)

CILACAP – Pejabat di Kabupaten Cilacap, harus mampu menjadi dirigen sebuah orkestra besar. Fungsinya menjadi mengarahkan dan mengawasi kinerja staf dan pejabat di bawahnya.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji meminta agar para pejabat baru mampu memilik peran dan fungsi layaknya dirigen sebuah orkestra. Hal ini dia sampaikan usai melantik sejumlah pejabat, Jumat (29/10/2021).

“Pejabat yang dilantik harus jadi dirigen di tempat kerjanya. Siapa yang main gitar, main alat musik tertentu agar orkestra tampil harmonis,” kata Tatto.

Karena itulah, pejabat tersebut harus mau berlatih atau mendapatkan pelatihan agar mampu membimbing, mengarahkan sekaligus mengeveluasi bawahan.

Selain itu, Tatto memberikan peringatan keras bagi pejabat yang tidak bisa menjadi dirigen orkestra.

“Jika dilatih tidak bisa, (maka pejabat itu) harus diganti karena akan merusak orkestra,” katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Cilacap, Farid Ma’ruf menambahkan, pelantikan Jumat siang itu ada ratusan kepala sekolah baru. Mereka akan mengisi kekosongan dan masuk prioritas pemerintah.

“Sekarang (pelantikan) kepala sekolah. Kenapa? Karena ada 200 yang kosong terpaksa harus Plt (Pelaksana Tugas). Plt tidak efektif hingga harus ada pengisian jabatan kepala sekolah dan memang mendesak,” kata Sekda.

Selain itu juga ada sejumlah pejabat tingkat administratur di sejumlah dinas. Namun demikian masih ada beberapa kekosongan. Pengisian kekosongan ini masih harus melalui sejumlah evaluasi dari tim penilai.

“(Pengisian) Masih nunggu. Masih di bahas dulu oleh tim penilai kinerja,” tambah Kepala BPKAD Kabupaten Cilacap, Warsono. (*)

  • Bagikan