News  

Pilkades Serentak Tetap di 2025

ilustrasi

CILACAP – Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades serentak di Cilacap, tetap akan berlangsung pada 2025. Hal ini dengan memperhitungkan Peraturan Daerah Kabupaten Cilacap tentang Perangkat Desa. Dalam perda tersebut, masa jabatan kades adalah 6 tahun.

Pada 2024 dan 2025 , akan ada 225 kades yang habis masa jabatan. Demikian juga dengan 5 desa yang kini dijabat oleh Pj kades. Masing-masing yakni Desa Tritih Wetan dan Prapagan Kecamatan Kesugihan. Sisanya adalah Desa Cisumur Kecamatan Gandrungmangu, Desa Karangpucung (Karangpucung) dan Rejodadi (Cimanggu).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Cilacap, Bintang Dwi Cahyono menyebutkan, pilkades serentak tetap di tahun 2025 nanti.

Dia menjelaskan, setidaknya ada 2 alasan. Pertama karena 225 kades ini habis masa jabatan pada Februari 2025. Sisanya ada yang habis di bulan April.

“Ada 225 kades yang masa jabatan berakhir di Februari dan April. Dan ada juga yang masih Pj,” kata dia.

Kedua karena memoratorium tentang Pergantian Antar Waktu (PAW) jika ada kades yang habis masa jabatan bersamaan dengan masa pemilui 2024. Hal ini membuat pemerintah harus menetapkan Pj dan akan bertugas sampai 2025.

“Sesuai memoratorium dari Mendagri. Jadi tidak ada pilkades PAW karena menghadapi pemilu 2024,” kata dia.

Dengan adanya memoratorium ini, maka jabatan Pj kades secara otomatis akan bertambah sampai dengan pelaksanaan pilkades serentak.

“Jika memoratorium selesai April, maka Pj akan bablas sampai pilkades serentak,” tegasnya.

Pilkades serentak tahap 1 melibatkan 44 desa di Kabupaten Cilacap dan sudah berlangsung pada Maret 2022. Pesta demokrasi tingkat desa ini tersebar di 18 kecamatan. Warga yang memenuhi syarat kemudian masuk dalam Daftar Pemilih Tetap atau DPT. Total ada 226.988 warga yang masuk DPT di seluruh Kabupaten Cilacap. (*)