Produksi Padi Cilacap Tertinggi Sepanjang 2019-2020

  • Bagikan
Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji memperlihatkan penghargaan dari Kementerian RI sebagai kabupaten dengan peningkatan produksi padi tertinggi periode 2019-2020. (doc)

CILACAP – Petani Kabupaten Cilacap masih mampu membuktikan sebagai lumbung padi nasional. Terbukti, wilayah ini mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten dengan peningkatan produksi padi periode 2019-2020 dan berhak mendapatkan penghargaan Abdi Tani dari Kementerian Pertanian RI. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin di Jakarta, Senin (13/9/2021).

Mengutip kanal YouTube TV Tani Kementerian Pertanian RI, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Indonesia merupakan negara besar dari sisi jumlah penduduk.

“Kita negara 4 terbesar sesudah Cina, Amerika (Serikat) dan India. Kita butuh kepala daerah yang benar-benar “concern” agar sektor pertanian tumbuh positif dan negara terbebas dari perangkap resesi ekonomi berkepanjangan,” kata Menteri.

Menurutnya, Kementerian Pertanian RI terus menggandeng pemerintah dan kepala daerah secara intens. Tujuannya untuk memastikan agar pertanian bisa tidak berhenti berproduksi dan mampu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Penghargaan Bidang Pertanian Tahun 2021, terbagi atas kategori Provinsi dan Kabupaten dengan peningkatan produksi padi tertinggi tahun 2019 hingga 2020. Pada kategori provinsi, Lampung menjadi yang terbaik. Menyusul kemudian adalah Provinsi Jawa Timur, dan Provinsi Banten.

Untuk kategori kabupaten dengan peningkatan produksi padi tertinggi di raih Cilacap. Menyusul kemudian Kabupaten Brebes dan Ngawi. Sepanjang 2020, petani Cilacap mampu menghasilkan 793.907 ton padi dari lahan seluas 117.628 hektar.

“Dan penghargaan ini sebagai apresiasi kinerja pemerintah daerah yang telah berkontribusi pemenuhan kebutuhan pangan, melakukan upaya ekspor produksi pertanian,” tegasnya.

Wapres Ma’ruf Amin mengapresiasi kepala daerah atas kerja keras mereka untuk meningkatkan pembangunan di sektor pertanian.

Dia berharap penghargaan ini menjadi pendorong bagi daerah penerima. Di saat bersamaan, penghargaan ini mampu menginspirasi daerah lain dalam membangun sektor pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani.(*)

  • Bagikan