Puskesmas Masih Disiagakan Jadi Tempat Transit

  • Bagikan
Petugas melakukan disinfektasi ruang perawatan di salah satu puskesmas. Pemerintah Kabupaten Cilacap tetap menyiapkan puskesmas rawat inap sebagai tempat transit pasien Covid19 sebelum dirujuk meski sudah ada tambahan 150 tempat tidur dari 13 rumah sakit. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Meski sudah ada tambahan 150 tempat tidur sumbangan dari 13 rumah sakit di Kabupaten Cilacap, belum membuat tenang semua pengampu kebijakan. Pemerintah tetap menyiagakan puskesmas untuk dijadikan tempat transit pasien Covid19 sebelum dirujuk ke rumah sakit yang memiliki fasilitas isolasi.

Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi jika lonjakan pasien masih tetap terjadi. Ini karena grafik kasus Covid19 masih belum ada tanda-tanda melandai.

Sampai dengan Kamis (15/7/2021), ada 2529 pasien berstatus positif. Di hari itu juga ada 316 orang terkonfirmasi Covid19 dan tersebar di 21 kecamatan di Kabupaten Cilacap. Satgas Covid19 juga mencatat ada 33 orang meninggal dunia.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf memastikan, puskesmas tetap disiapkan untuk transit pasien Covid19.

“(Kebijakan puskesmas sebagai tempat transit) Tetap kita buat aja karena sudah kita rencanakan,” ujar Farid.

Dia mengatakan, kesiapan puskesmas ini menjadi bagian rencana ketiga. Pertama adalah penyediaan tempat tidur, plus adanya tambahan. Sementara penyiapan puskesmas sebagai tempat transit menjadi skenario terakhir. Hal ini untuk mengantisipasi jika kembali ada lonjakan kasus Covid19 di Kabupaten Cilacap.

“Mudah-mudahan itu cadangan dan tidak di pakai,” katanya menirukan pernyataan Bupati Cilacap saat rapat koordinasi terkait penyiapan tambahan tempat tidur bersama Forkompinda.

Dia mengakui, saat ini tempat tidur untuk isolasi dan di ICU sudah penuh karena lonjakan kasus Covid19. Namun khusus penambahan ICU membutuhkan waktu dan proses lebih lama karena harus memenuhi sejumlah persyaratan tekhnis.

“Sudah penuh semua,” kata Farid.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Kesehatan menyiapkan puskesmas rawat inap sebagai tempat transit. Lokasi ini akan terlebih dahulu merawat pasien sembari menunggu ada ruang kosong di rumah sakit rujukan. Dinas menyiapkan 21 puskesmas rawat inap sebagai tempat transit. (*)

  • Bagikan