Recovery Ekonomi Lewat UMKM

  • Bagikan
Purwanto ST, Anggota DPRD Cilacap menggelar reses dengan menemui warga, Kamis (25/11/2021). Reses membahas pemberdayaan usaha kecil sebagai bagian dari recovery ekonomi pasca pandemi. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Recovery ekonomi pasca pandemi bisa melalui pemberdayaan dan peningkatan UMKM yang ada di Kabupaten Cilacap. Apalagi jika UMKM ini dalam bentuk Kelompok Usaha Bersama (KUBe).

Hal ini terungkap dalam reses anggota DPRD Kabupaten Cilacap, Purwanto ST, Kamis (25/11/2021) di gedung Korpri Majenang.

Dalam kesempatan itu, Purwanto banyak menerima usulan recovery ekonomi dari masyarakat. Bentuk kegiatannya adalah pemberdayaan UMKM, pedagang kecil dan pengembangan kegiatan pertanian.

“Ini memang sudah menjadi agenda pemerintah Jokowi pasca pandemi yakni kesehatan dan pemulihan ekonomi,” katanya.

Menurutnya, pelaku usaha kecil selama ini sangat terpukul karena pandemi. Mereka mengalami kemunduran akibat pembatasan kegiatan masyarakat.

Di sisi lain, usaha kecil sangat handal tiap kali menghadapi resesi ekonomi global maupun lokal.

“Mereka tetap bertahan meski banyak kesulitan,” kata dia.

Karena itulah, pemerintah dan juga DPRD Kabupaten Cilacap bisa memberikan dorongan agar pelaku usaha kecil bisa bangkit pasca pandemi. Caranya dengan memberikan anggaran pelatihan, pemberdayaan kelompok dan bantuan peralatan usaha.

“Pemerintah kan ada program. Dewan juga punya. Tinggal kita singkronkan agar recovery ekonomi ini bisa cepat dan terarah,” katanya.

Dia menambahkan, pelaku usaha ekonomi nantinya juga bisa mendapatkan bantuan permodalan dari perbankan terutama bank plat merah. Seperti Bank Jateng yang merupakan lembaga keuangan pemerintah. Hanya saja, bantuan dan dukungan pemerintah ini hanya untuk usaha berbentuk kelompok.

“Memang seharusnya kelompok,” tegasnya. (*)

  • Bagikan