Rekor, Ujian Sekolah Selama 11 Hari

  • Bagikan
Ujian sekolah tahun ini selama 11 hari dari 19 sampai 30 April

PENULIS : HARYADI NURYADIN

CILACAP – Ujian Sekolah (US) 2021 ini menjadi yang paling lama dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan bisa dibilang masuk rekor tersendiri. Ini dengan melihat waktu yang dibutuhkan siswa kelas IX SLTP untuk merampungkan US. Bayangkan, tahun ini siswa butuh waktu 11 hari. Ujian ini dimulai 19 dan akan berakhir pada 30 April nanti.

“Sekarang rekor,” ujar Kepala SMP N 1 Majenang, Sarno, Senin (19/4/2021).

Dia mengatakan, pada tahun-tahun sebelumnya US hanya digelar selama sepekan. Artinya ada selisih 4 hari untuk siswa kelas IX tahun ini merampungkan US.

Menurutnya, rekor ini tercipta karena adanya pandemi Covid19 yang memaksa panitia dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap mengatur jadwal dan tekhnis pelaksaan UN. Salah satunya adalah membatasi jumlah siswa dalam satu ruang.

“Semua karena pandemi. Kita batasi jumlah siswa. Tiap ruang maksimal 11,” katanya.

Selain itu, keberadaan ratusan siswa dalam waktu bersamaan di satu sekolah juga menjadi pemikiran pihak terkait. Hingga muncul kebijakan, siswa boleh meninggalkan ruangan meski jatah waktu ujian masih ada.

Seperti hari pertama ujian, siswa yang tengah mengerjakan soal Bahasa Indonesia diberi waktu 120 menit. Namun beberapa anak nampak sudah keluar dari ruang ujian. Ini dilakukan atas persetujuan pengawas maupun pihak sekolah.

“Tujuannya biar anak tidak keluar bersamaan dan menghindari kerumunan. Boleh keluar asal sudah selesai ngarap soal,” kata Sarno.

Dia menambahkan, pembatasan selama ujian dilakukan karena bagian dari penerapan protokol kesehatan selama pandemi Covid19. Termasuk mewajibkan siswa menggunakan masker, mencuci tangan sebelum masuk ruang ujian dan lainnya.

“Protokol kesehatan kita terapkan secara ketat. Anak-anak keluar ruangan jangan sampai menimbulkan kerumunan,” kata dia.

US tahun sebenarnya bisa dikerjakan dari rumah jika siswa mengalami ganguan kesehatan. Soal, lembar jawab dan juga pengawas akan mendatangi rumah siswa tersebut. Namun hari pertama US, seluruh siswa datang ke ruang ujian masing-masing. Juga tidak ada orang tua yang keberatan jika anak mereka datang ke sekolah untuk ujian.

“Semua orang tua mengijinkan anak mereka berangkat ke sekolah untuk ujian,” tandasnya. (*)

  • Bagikan