Rumah Sakit Didorong Punya Oksigen Generator

  • Bagikan
Komisi D DPRD saat melakukan Peninjauan Kerja di RSUD Majenang, Rabu (28/7/2021). Komisi mendorong rumah sakit punya oksigen generator. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Rumah sakit pemerintah di Kabupaten Cilacap didorong untuk bisa memiliki fasilitas baru yang berfungsi menghasilkan oksigen murni. Alat dimaksud adalah Oksigen Generator yang mampu menangkan udara bebas dan memurnikan kandungan oksigen.

Alat ini dirasa akan sangat membantu rumah sakit karena selama ini sangat bergantung pada pasokan oksigen dari pihak ketiga. Hingga saat ada lonjakan pasien Covid19 dan terjadi peningkatan oksigen, rumah sakit sering mengalami kesulitan.

Hal ini diungkapkan oleh Komisi D DPRD Kabupaten Cilacap saat melakukan Peninjauan Kerja di RSUD Majenang, Cilacap, Rabu (28/7/2021).

Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Cilacap, Didi Yudi Cahyadi mengatakan, saat terjadi lonjakan kasus Covid19 membuat kelangkaan pasokan oksigen di tengah masyarakat. Di saat bersamaan, hampir semua rumah sakit kewalahan karena tingginya kebutuhan oksigen untuk mendukung proses perawatan pasien.

“Oksigen dalam kondisi seperti ini sangat dibutuhkan. Apalagi oksigen menjadi pendukung utama proses perawatan pasien,” ujar Didi.

Karena itulah, oksigen generator ini sangat dibutuhkan oleh rumah sakit. Dia merujuk salah satu rumah sakit khusus Covid19 di ibu kota sudah menyiapkan skenaria agar bisa memiliki alat tersebut.

Karena itulah, Komisi D mendorong agar rumah sakit bisa memiliki alat tersebut. Hingga rumah sakit bisa secara mandiri menyediakan oksigen dan tidak lagi tergantung pada pasokan dari luar.

“Kita mendorong agar rumah sakit pemerintah punya alat ini,” kata dia. (*)

  • Bagikan