Seminggu Piloting PTM Langsung Dievaluasi

  • Bagikan
Piloting tatap muka di Cilacap langsung dievaluasi usia digelar sepekan

CILACAP – Piloting atau uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kabupaten Cilacap yang baru seminggu digelar, langsung dilakukan evaluasi menyeluruh. PTM ini melibatkan 6 SMP negeri. Salah satunya adalah SMP N 2 Majenang. Sampai Jumat (16/4/2021), PTM digelar dan menunjukkan tanda-tanda positif.

“Sebenarnya kita tiap hari evaluasi dan tiap hari laporan ke dinas,” ujar Kepala SMP N 2 Majenang, Suwarno.

Dia mengatakan, selama sepekan terakhir PTM digelar nyaris tidak ada gangguan berarti. Siswa sejak masuk lingkungan sekolah mulai terbiasa menerapkan protokol kesehatan. Seperti segera mencuci tangan, menggenakan masker atau penutup wajah, serta menjalani pemeriksaan suhu tubuh.

Pihak sekolah juga menyiapkan alat pernyiram disinvektan di depan pintu masuk. Dengan demikian, tiap anak dan orang tua pengantar secara otomatis akan terkena siraman disinfektan.

“Seminggu ini anak-anak mulai terbiasa dengan kebiasaan baru. Seperti cuci tangan, cek suhu tubuh dan belajar di kelas tetap pakai masker,” katanya.

Menurutnya, pembiasaan seperti ini juga ditambah dengan pencatatan kondisi kesehatan siswa. Ini dilakukan sebagai bahan laporan dan evaluasi menyeluruh. Dan sampai sepekan PTM, belum ada siswa yang sakit usai belajar di sekolah. Namun sekolah ini mencatat ada siswa yang terpaksa dipulangkan karena mengeluhkan sakit influenza.

“Belum ada anak yang sakit usai belajar di kelas,” kata dia.

Evaluasi ini diharapkan bisa menjadi landasan bagi SMP lain untuk menggelar PTM. Ini sejalan dengan target Kementerian Pendidikan RI yang menginginkan semua sekolah menggelar PTM pada Juli nanti.

Siswa nantinya hanya masuk 2 kali dalam sepekan. Itupun dengan diselingi libur sehari alias tidak hari masuk kelas.

“Misalnya kelas tujuh masuk Senin dan Rabu. Kalau terusan (tiap hari) baju tidak ganti. Tapi karena diselingi baju ganti,” katanya. (*)

  • Bagikan