News  

Toilet di Atas Kolam Dihancurkan

Petugas tengah membongkar toilet di atas kolam warga, Selasa 912/1/2022). Pembongkaran merupakan salah satu bagian dari program ODF yang digagas Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap. (doc)

CILACAP – Sarana buang air besar atau toilet milik warga di tempat terbatas kolam ikan, biasa disebut helikopter kuning, dihancurkan petugas, Selasa (11/1/20222). Pembongkaran sarana itu menjadi program Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap untuk mendukung Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Helikopter kuning ini dianggap menjadi biang kerok penyebaran penyakit. Bangunan ini biasanya ada di atas sungai atau kolam warga.

Hingga sarana ini menjadi salah satu penyebab penyebaran penyakit seperti diare dan tipes. Karena kotoran yang jatuh dari helikopter ke kolam maupun sungai, akan menyebar ke berbagai tempat.

Kepala Puskesmas Majenang 1, Sri Wahyuni mengatakan, pembongkaran ini melibatkan perangkat desa, tenaga kesehatan dan aparat terkait sejak awal Januari 2022.

“Dari kolam tentu akan ke sawah. Dari sungai pasti mengalir ke mana saja,” kata Sri Wahyuni.

Dia menargetkan, seluruh desa di Kecamatan Majenang akan terbebas dari toilet di atas kolam seperti ini. Terlebih lagi, langkah serupa juga menjadi agenda Puskesmas Majenang 2 di seluruh desa binaan.

“Puskesmas Majenang 2 juga akan melakukan seperti ini. Hingga kita harapkan nanti tidak ada lagi,” kata dia.

Pembongkaran toilet di atas kolam sudah menjadi agenda Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap melalui program ODF atau Open Defecation Free. Dalam program ini, seluruh stake holder termasuk pemerintah desa memberikan dukungan dalam berbagai bentuk. Mulai dari sosialisasi sampai dengan mengupayakan adanya toilet yang lebih baik. (*)