News  

Upacara Hari Santri Diawali Kirab Peserta

Peserta upacara peringatan Hari Santri di Kecamatan Majenang, Cilacap melakukan kirab sebelum upacara. (doc)

CILACAP – Upacara peringatan Hari Santri Nasional di Kecamatan Majenang, Cilacap, Minggu (22/10/2023), diawali dengan kirab para peserta. Mereka merupakan kontingen dari ranting NU dan sejumlah lembaga pendidikan di sana.

Peringatan Hari Santri Nasional di Kecamatan Majenang, Cilacap sedikit berbeda dari pada kegiatan serupa tahun sebelumnya. Panitia menggelar kirab peserta dengan titik akhir di alun-alun.

Peserta kirab Hari Santri ini berjalan kaki dengan menggenakan sarung atau busana muslim. Sepanjang jalan, mereka menyanyikan lagu sholawat atau tembang khas para santri untuk saling memberikan semangat.

Ketua Panitia Peringatan Hari Santri Nasional, Solihun SPd mengatakan, Upacara Hari Santri Nasional 2023 dibuat berbeda dari tahun sebelumnya.

“Memang ini kita buat agar memberikan kesempatan lebih banyak orang untuk ikut upacara,” kata dia.

Selama ini, peserta upacara selalu berasal dari anak sekolah atau pondok pesantren. Sementara kelompok masyarakat lain jarang yang terlibat. Hal ini tentu menjadikan upacara seperti kurang semarak. Sementara peringatan Hari Santri, semestinya ditujukan kepada seluruh warga masyarakat.

“Peringatan ini kan untuk semua. Bukan cum anak sekolah atau santri,” kata dia.

Solihun menambahkan, panitia mengadakan sejumlah lomba khas anak santri. Tujuannya untuk lebih memeriahkan peringatan hari tersebut.

“Ada beberapa lomba khas para santri. Tapi peserta tidak harus santri. Umum juga boleh,” tegasnya.

Peringatan Hari Santri tersebut berakhir dengan upacara pengibaran bendera. Seluruh peserta dan petugas upacara menggenakan seragam khas santri. Bagi laki-laki menggenakan sarung. Sementara perempuan menggenakan baju muslim. (*)