Bisnis  

Ada Kawasan Industri Baru di Cilacap Seluas 300 Hektar

ilustrasi

CILACAP – Pemerintah Cilacap diam-diam mulai mengembangkan kawasan industri baru. Lahan yang sudah ada mencapai 300 hektar dan berada di Desa Caruy Kecamatan Cipari. Langkah tersebut mempertegas Cilacap sebagai daerah industri yang ada di selatan Jawa Tengah.

Kawasan industri yang sudah ada sebelumnya berada di pusat kota Cilacap. Lokasinya cukup strategis karena pusat kota Cilacap dekat dengan Pelabuhan Tanjung Intan dan stasiun kereta api. Demikian juga dengan keberadaan Bandara Tunggul Wulung.

Belum lagi dengan kian dorongan perusahaan bersakala besar seperti Pertamina, pabrik semen dan PLTU. Semuanya ini berada di sentral Cilacap.

Namun diam-diam, Pemkab Cilacap sudah membeli lahan seluas 300 hektar. Lahan ini berada di wilayah barat Cilacap dan akan menjadi kawasan industri baru. Sementara akses sangat bergantung dengan jalan darat, tepatnya jalur selatan nasional.

Pj Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri memastikan, saat ini lahan tersebut sudah siap menjadi kawasan industri.

“Lokasinya ada di Desa Caruy Kecamatan Cipari. Tidak jauh dari pabrik rokok,” katanya.

Untuk tahap awal, katanya pemerintah akan membangun rumah potong ayam. Hingga harapannya lokasi ini bisa menarik investor lain untuk membuka usaha di kawasan industri tersebut.

“Insya Allah tahap pertama akan kita bangun rumah potong ayam. Ya mudah-mudahan dengan ini Majenang dan sekitarnya akan semakin maju dan berkembang,” katanya.

Sebelumnya, sudah ada pabrik rokok di Cilacap milik PT Mekar Jaya Sentosa Sampurna. Ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi sigaret kretek tangan dan berdiri sejak 14 Oktober 2023. Pabrik ini berada di Desa Cilopadang Kecamatan Majenang, Cilacap. (*)