News  

Anak Buaya Gegerkan Warga Cilacap

Petugas UPT Damkar Cilacap mengambil anak buaya dari rumah warga, Rabu (13/7/2022). Anak buaya ini gegerkan warga Cilacap hingga mereka mencari sejak pertama kali terlihat pada Selasa (12/7/2022). (doc)

CILACAP – Anak buaya gegerkan warga Cilacap setelah terlihat oleh warga di Jalan Kali Donan pada Selasa (12/7/2022) sore. Kabar pemunculan buaya ini langsung mengundang perhatian warga Cilacap.

Usai tersiar luas, warga lalu melakukan upaya pencarian ke sejumlah lokasi. Termasuk menyisir saluran air di sekitar Sungai Kali Donan. Proses pencarian ini berlansung sampai Rabu (13/7/2022) pagi hari. Karena tidak berhasil menemukan, warga lalu kembali ke rumah masing-masing.

Pencarian kembali mereka lanjutkan pada Rabu siang dan tanpa membawa hasil. Hingga keberadaan anak buaya ini terus gegerkan warga setempat. Mereka juga merasa khawatir karena buaya ini termasuk binatang buas.

Namun anak buaya yang gegerkan warga itu, ternyata sudah berhasil ditangkap oleh Mei, salah satu warga setempat. Hanya saja dia tidak melaporkan keberhasilan ini kepada warga ataupun aparat lainnya. Dia justru menyimpan buaya ini di dalam kandang dan berada di dalam rumahnya.

Baru pada Rabu siang, dia mengabarkan sudah berhasil menangkap anak buaya yang sempat membuat warga resah. Kabar ini kemudian sampai ke perangkat Kelurahan Donan.

“Staf kelurahan lalu melaporkan penangkapan buaya ke BKSD Cilacap dan Pemadam Kebakaran,” ujar Kepala UPT Pemadam Kebakaran Cilacap, Supriyadi.

Atas laporan ini, petugas BKSDA bersama Pemadam Kebakaran Cilacap mendatangi rumah Mei. Petugas melakukan pengukuran dan pengecekan lainnya terhadap anak buaya itu. Baru kemudian anak buaya ini diserahkan ke petugas BKSDA Cilacap.

“Buaya sekarang sudah ada di kantor BKSDA,” tegas Supriyadi. (*)