Awal Puasa, Harga Sembako Enggan Turun

  • Bagikan
Harga daging dan cabai hijau naik sejak sebelum puasa.

PENULIS : HARYADI NURYADIN

CILACAP – Hari pertama puasa, Selasa (13/4/2021) belum membawa dampak besar terhadap perubahan harga sembako. Terutama pada komoditas yang naik, tepat sehari menjelang ramadan. Komoditas tersebut antara lain daging sapi, ayam kampung dan potong. Demikian juga dengan semua jeis ikan laut yang masuk ke pasar tradisional.

“Harga naik dari (Senin) kemarin. Sekarang engga turun,” ujar Kepala Pasar Majenanang, Paino.

Sebut saja daging sapi lokal sandung lamur. Harga daging ini naik Rp 10 ribu pada Senin (12/4/2021) lalu didorong oleh aksi borong warga jelang ramadan. Mereka biasanya membeli daging sapi, ayam dan ikan untuk santap sahur di hari pertama puasa ramadan.

Menurutnya, kenaikan serupa juga terjadi pada daging ayam kampung maupun potong. Penyebabnya juga sama persis yakni warga berburu menu terbaik untuk sahur perdana.

“Warga biasanya nyari yang enak berupa daging ataupun ikan,” kata dia.

Dia mencontohkan harga ayam potong yang dijual Rp 40 ribu per kg. Sementara daging ayam kampung lebih mahal dan mencapai Rp 90 ribu per kg. Harga ayam kampung selama ini dikenal lebih tinggi karena tanpa pakan kimia dan dianggap lebih menyehatkan.

Harga yang masih tetap bertahan adalah daging impor beku. Komoditas ini dijual Rp 110 ribu. Sementara pekan lalu harganya Rp 105 ribu per kg. Artinya ada kenaikan menjelang awal dan hari pertama ramadan.

“ini juga masih tetap kaya kemarin,” katanya.

Diluar daging, cabai hijau besar ikut-ikutan naik sejak sehari jelang puasa. Harga ini masih bertahan sampai memasuki hari pertama ramadan. Cabai hujau besar di jual Rp 28 ribu per kg.

“Cabai hijau yang besar juga ikutan naik. Sampai hari ini masih segitu,” kata dia.

Paino mengaku, biasanya harga sembako pada awal puasa cenderung turun. Harga mulai merangkak naik pada pekan ketiga dan mencapai puncak pada pekan terakhir ramadan.

“Harga tertinggi pasti jelang lebaran,” tandasnya. (*)

  • Bagikan