News  

Banjir Susulan Masih Bepotensi Terjadi

Warga Desa Mulyadadi Kecamatan Majenang, Cilacap khawatir akan terjadi banjir susulan. Banjir terjadi karena tanggul Sungai Cikawung jebol, Sabtu (26/3/2022) pagi hari. (doc)

CILACAP – Banjir susulan akibat tanggul jebol bagian atas di Sungai Cikawung di Desa Mulyadadi Kecamatan Majenang, Cilacap, masih berpotensi terjadi. Karena potensi hujan deras masih ada pada Sabtu (26/3/2022) sore hingga malam. Bahkan bisa berlanjut sampai Minggu (27/3/2022) pagi.

Tanggul Sungai Cikawung di Desa Mulyadadi Kecamatan Majenang, Cilacap, Sabtu (26/3/2022) meluap hingga menggenangi perkampungan warga. Sekitar 100 rumah warga di RT 03 RW 07 Desa Mulyadadi terdampak genangan tersebut.

Air sungai mulai melimpas selepas subuh dan memasuki pekarangan warga sekitar pukul 07.00. Limpasan terjadi karena bagian atas tanggul Sungai Cikawung Jebol sepanjang 5 meter.

Tanggul mengalami jebol di bagian atas dan membuat air melimpas ke perkampungan warga. Ini terjadi setelah hujan deras terjadi sejak Jumat (25/3/2022) pukul 24.00 sampai Sabtu, pukul 04.00.

Pasca kejadian, sudah ada upaya perbaikan masih meski masih bersifat darurat. Akibatnya, masih ada air keluar dari Sungai Cikawung menuju perkampungan dan terjadi banjir susulan.

“Kalau malam ini (Sabtu) hujan lagi, banjir susulan bisa terjadi,” ujar Ketua BPD Mulyadadi, Galih Swadana.

Daffa Rohman, relawan MDMC Cilacap menambahkan, air sudah menggenangi jalan desa dengan ketinggian sekitar 5 hingga 10 cm. Sebagian air sudah masuk ke pekarangan warga. Namun belum ada rumah tergenang.

“Sawah seluas 25 hektar ikut tergenang,” kata dia.

Kasie Trantib Kecamatan Majenang, Wasis Nurcahyo menambahkan, petugas gabungan terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP dan BPBD Cilacap, langsung turun ke lokasi. Mereka memastikan kejadian tersebut dan segera mengambil langkah penanganan bersama.

“Tadi sudah ada bronjong dari BPBD. Untuk sementara, penanganan masih bersifat darurat,” kata dia.

Wasis menambahkan, tim dari BBWS Citanduy juga sudah melihat lokasi. Tim ini memeriksa kondisi tanggul. Ada kabar kalau tanggul Sungai Cikawung di Dusun Bojongjati sudah masuk program penguatan.

“BBWS sudah periksa. Sebenarnya lokasi ini sudah masuk program penguatan tanggul karena memang sudah kritis. Tapi belum terlaksana perbaikan, tadi (Sabtu) pagi jebol,” tegasnya. (*)