Bisnis  

Cilacap Tawarkan Investasi Udang Vaname

Kabid Promosi DPMPTSP, Agung Wibowo. Cilacap tengah menawarkan investasi udang vaname ke 4 negara. (doc)

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap tawarkan investasi bidang perikanan khususnya udang. Komoditas ini bisa menjadi ekspor andalan Cilacap. Ada 4 negara yang menjadi sasaran penawaran udang vaname. Negara tersebut adalah Korea Selatan, Swiss, London dan Abu Dhabi.

Kepala Bidang Promosi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Cilacap, Agung Wibowo mengatakan, Cilacap punya potensi dan daya dukung untuk pengembangan udang vaname.

“Kita punya tanah di Kawasan Peruntukan Industri (KPI) Buntin dan Cilacap Timur. Di sana sudah ada beberapa pengembang udang vaname,” ujar Agung.

Dia menjelaskan, Kecamatan Kesugihan sampai Kecamatan Nusawungu sudah ada pengelola udang. Hal ini akan menjadi daya tarik bagi calon investor yang akan masuk ke Cilacap. Khususnya investor pengembangan udang vaname. Hingga Cilacap gencar melakukan dan yakin tawarkan investasi udang ini.

“Kita berani menyampaikan potensi untuk udang,” kata dia.

Dengan investasi yang nantinya akan masuk, diharapkan tidak hanya fokus pada budidaya vaname, namun berupaya untuk membuat pabrik pakan ikan, pabrik pengolahan dan pabrik untuk packaging.

Hal ini berbeda dengan Kabupaten Pati yang juga berminat melakukan pengembangan udang vaname menjadi produk andalan ekspor. Wilayah ini baru proses perencanaan dengan menggunakan tanah milik daerah.

“Pati baru mulai perencanaan,” tegasnya. (*)