News  

Demi Lepas Cincin, Datangi Pos Damkar

Petugas menggunakan mesin grinda khusus untuk melepas cincin. Petugas Pos Damkar Kroya, Cilacap lepas cincin di ibu jari yang sudah berdarah, Selasa (19/7/2022). (doc)

CILACAP – Sardi (35), warga Kecamatan Nusawungu, Cilacap terpaksa lepas cincin kesayangan gegara jempol sudah berdarah dan harus datangi Pos Damkar Cilacap, Selasa (19/7/2022) malam.

Cincin biasanya terpasang pada jari manis di tangan kiri. Terutama cincin dari pasangan hidup atau cincin kawin. Demikian juga dengan cincin sebagai penghias jari agar nampak lebih elegan terutama bagi kaum perempuan.

Namun ada kalanya, cincin dengan batu akik berukuran besar terpasang tidak di jari manis. Seperti yang dilakukan oleh Sardi dengan memasang cincin di ibu jari atau jempol.

Hanya saja, ukuran diameter cincin terlalu kecil hingga saat masuk ke ibu jari membuat masalah. Hingga akhirnya jempol berdarah dan membuat terpaksa datangi Pos Damkar untuk lepas cincin itu.

Kepala UPT Damkar di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Cilacap, Supriyadi mengatakan, Sardi sebelumnya sudah meminta bantuan ke Puskesmas Nusawungu. Hanya saja petugas medis justru mengarahkannya untuk datangi ke Pos Damkar Kroya, Cilacap dan meminta bantuan untuk lepas cincin.

“Petugas puskesmas lalu mengarahkan agar korban melapor ke Pos Damkar Kroya,” kata dia.

Disana, korban menjelaskan kondisi ibu jarinya yang sudah berdarah karena seperti terjepit cincin. Petugas Pos Damkar Kroya langsung mempersiapkan alat berupa mesin grinda khusus dan berukuran kecil. Juga ada botol bekas air mineral. Air dari botol ini untuk membasahi cincin agar tetap dingin.

Selain itu, petugas juga kerap memastikan korban tidak merasa panas akibat gesekan grinda dengan cincin. Jika korban mengeluhkan hal ini, maka proses pemotongan akan berhenti sesaat sampai korban merasa siap kembali.

Proses melepas cincin ini berlangsung kurang lebih 30 menit. Sekitar pukul 20.38, cincin di jempol ini sudah lepas dan Sardi bernafas lega.

“Cincin bisa dilepas,” tegasnya.

Sebelumnya, petugas Damkar Cilacap sudah beberapa kali melepas cincin di tangan warga. Bahkan sempat ada cincin yang terpasang di alat vital hingga mengundang perhatian luas dari berbagai media. (*)