Dinas Evaluasi PTM Tiap Hari

  • Bagikan
Siswa tengah menunggu jemputan usai PTM terbatas. Dinas PdK Cilacap menggelar evluasi tiap hari atas pelaksanaan PTM. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PdK) Kabupaten Cilacap melakukan evaluasi pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) tiap hari. Petugas akan memantau dan memelototi semua laporan dari semua sekolah yang menggelar PTM terbatas.

Semua sekolah yang menggelar PTM terbatas mengirimkan data ke dinas. Isinya adalah jumlah siswa yang masuk, jadwal serta kondisi kesehatan guru dan siswa. Data kesehatan siswa dari hasil pengecekan suhu. Pemeriksaan suhu tubuh dilakukan sebelum siswa dan guru masuk sekolah.

Kepala Dinas PdK Kabupaten Cilacap, Sadmoko Danardono memastikan, evaluasi ini berjenjang oleh petugas.

“Evaluasi per hari, perminggu. (Secara) berkala selalu kita evaluasi, dengan melihat tren covid19-nya,” kata Sadmoko, Kamis (30/9/2021).

Dia menambahkan, penekanan evaluasi selama PTM terbatas adalah pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Seperti pembatasan jumlah siswa yang masuk ruang belajar. Demikian juga dengan penerapan 3M dan sarana pendukung.

Prokes ketat ini harus melibatkan seluruh elemen. Mulai dari guru, siswa dan juga wali murid. Keterlibatan wali murid karena mereka kerap mengantar siswa ke sekolah.

“Dari awal Pak Bupati, Pak Sekda dan pimpinan kita semua, selalu menghimbau kaitannya dengan PTM ini. Untuk selalu memperhatikan prokes. Ini faktor utama yang harus dan harus kita perhatikan,” kata dia.

“Jangan sampai kita lenggah. Kita kan tidak tahu kapan pandemi akan berakhir, ini ikhtiar bersama,” tambah Sadmoko.

Dia mengakui, sampai saat ini belum muncul kluster pendidikan selama PTM terbatas di Kabupaten Cilacap. Yang ada adalah sejumlah siswa dan guru di SMA N 2 Cilacap terpapar Covid19.

“Namun bisa saya pastikan, tidak ada PTM di SMA N 2 Cilacap. Hingga anak-anak ini terjangkit Covid19 di luar sekolah. Bisa di mana saja,” tegasnya. (*)

  • Bagikan