Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Diusulkan Jadi Stasiun Maritim

  • Bagikan
Perairan Cilacap yang luas menjadi alasan agar Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung menjadi Stasiun Meteorologi Maritim. (doc)

CILACAP – Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung di Kabupaten Cilacap, tengah dalam proses pengusulan berubah status. Nantinya, stasiun ini akan menjadi Stasiun Meteorologi Maritim.

Usulan ini dengan mempertimbangkan lokasi stasiun yang dekat dengan perairan lepas, keberadaan pelabuhan dan nelayan. Serta adanya pelabuhan besar yang membutuhkan informasi cuaca secara akurat untuk mendukung pelayaran laut.

Saat ini, Stasiun Meteorologi di Cilacap itu banyak mendukung penerbangan di Bandara Tunggul Wulung. Demikian juga dengan informasi iklim serta cuaca bagi wilayah Kabupaten Cilacap dan Banyumas.

Anggota DPR RI Komisi V, Novita Wijayanti mengatakan usulan ini juga mempertimbangkan luas wilayah Cilacap. Termasuk laut dan perairan lepas yang sangat luas dan langsung berhadapan dengan Samudera Hindia.

“Cilacap kan lautnya luas,” kata politisi dari Fraksi Gerindra ini.

Novita menambahkan, stake holder di Cilacap juga sangat lengkap. Termasuk keberadaan wilayah sekitar seperti Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara serta Kebumen. Seluruh wilayah terdekat Cilacap ini juga tetap membutuhkan informasi dari BMKG maupun stasiun maritim.

“Stake holder-nya banyak dan di sekitar ada (Kabupaten) Purbalingga dan Banyumas,” kata dia.

Menurutnya, saat ini perubahan stasiun itu masih sebatas usulan. Hingga proses berikutnya masih membutuhkan waktu panjang. Dan seluruh proses tersebut menjadi kewenangan pemerintah pusat di Jakarta.

“Ini baru usulan. Prosesnya seperti apa, nanti ya di pusat,” tegasnya. (*)

  • Bagikan