News  

Ganjar Apresiasi Nelayan Cilacap Mampu Kelola TPI

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat meninjau TPI yang dikelola nelayan Cilacap, Rabu (27/7/2022). Ganjar mengapresiasi keberhasilan koperasi nelayan yang mampu mengelola TPI. (doc)

CILACAP – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo apresiasi keberhasilan nelayan Cilacap yang mampu kelola Tempat Pelelangan Ikan atau TPI. Ganjar melihat koperasi ini bisa menjadi percontohan bagi koperasi nelayan di tempat lain.

Koperasi nelayan di Cilacap sudah mendapatkan ijin dari Bupati untuk mengelola TPI di sana. Sejak ijin inilah, mereka mengendalikan perdagangan ikan agar membawa keuntungan bagi semua nelayan.

“Kepercayaan Bupati (Cilacap) ke koperasi bisa tumbuhkan kepercayaan koperasi itu sendiri.
Hingga kita harapkan kesejahteraan anggota bisa terwujud,” ujar Ganjar.

Dia berharap cerita keberhasilan ini bisa menginsiparis nelayan di tempat lain. Tentunya melalui kegiatan tukar pengalaman atau studi banding. Ganjar kembali menegaskan apresiasi kepada nelayan Cilacap tersebut yang sudah mampu kelola TPI.

Hanya saja, koperasi nelayan ini tetap harus mendapatkan perhatian secara berkelanjutan. Hingga nantinya koperasi bisa lebih berkembang, memiliki unit usaha lain dan membawa keuntungan lebih besar bagi anggota.

“Kawan-kawan nelayan perlu didampingi terus menerus. Hingga unit usaha koperasinya bertambah,” kata dia.

“Kita harapkan bisa menginspirasi yang lain. Sehingga ada cerita sukses kita bagikan kepada yang lain. Bagaimana mengelola koperasi ini dengan baik dengan nelayan-nelayan,” katanya.

Selain memberikan apresiasi, Ganjar juga mengingatkan agar para nelayan dan pengelola koperasi di Cilacap itu menyadari tentang perkembangan harga di TPI. Ini sesuai dengan konsep tempat tersebut yakni pelelangan.

“Tapi yang namanya pelelangan, ya pasti kebutuhan permintaan dan penawawannya akan ketemu di sini hingga harga akan ditentukan terbuka,” tegas Ganjar. (*)