News  

Kecamatan Luncurkan Aplikasi Gerbang Si Sanggul

Suasana launching aplikasi Gerbang si Sanggul di Dispermades Cilacap, Kamis (28/7/2022). Aplikasi ini memuat semua potensi unggulan desa di Kecamatan Majenang. (doc)

CILACAP – Pemerintah Kecamatan Majenang, luncurkan aplikasi baru bernama Gerbang Si Sanggul (Gerakan Bangun Potensi Desa Unggulan), Kamis (28/7/2022). Di dalam aplikasi ini berisi tentang potensi unggulan dari 17 desa yang ada di Kecamatan Majenang. Peluncuran aplikasi ini di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Cilacap.

Pada sistem informasi Gerbang Si Sanggul tersebut, memuat berbagai potensi unggulan desa yang ada di Kecamatan Majenang. Mulai dari potensi unggulan di bidang pariwisata, kerajinan, UMKM, seni budaya, pertanian, peternakan dan Perkebunan.

Sekretaris Kecamatan Majenang, Wawan Mardiono SSTP mengatakan, aplikasi Gerbang Si Sanggul ini membantu agar potensi unggulan bisa tereskpose secara masif.

“Sistem informasi ini bisa lebih mengenalkan kepada masyarakat luas atas potensi unggulan di semua desa di Kecamatan Majenang. Sekaligus sebagai media promosi,” kata dia.

Dia menjelaskan, masyarakat luas bisa mendapatkan informas secara detail atas beragam potensi desa di Kecamatan Majenang. Dan aplikasi ini bisa berfungsi 2 arah dengan adanya interaksi dan komunikasi antara masyarakat dengan pengelola aplikasi.

“Di sistim informasi Gerbang Si Sanggul ada contact person untuk komunikasi lebih lanjut. Hingga masyarakat bisa menanyakan detail informasi terkait potensi yang ada di tiap desa,” kata dia.

Goal dari sistim aplikasi Gerbang Si Sanggul adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat. Ini karena adanya interaksi antara pemilik usaha di serta pengelola potensi unggulan di desa dengan dunia luar.

“Kedepan sistim ini bisa lebih berkembang dan lebih dioptimalkan lagi,” tegasnya. (*)